Lingkungan PT SRL Rupat dengan Kelurahan Tanjung Kapal dan Desa Sri Tanjung Teken...

PT SRL Rupat dengan Kelurahan Tanjung Kapal dan Desa Sri Tanjung Teken MoU

BERBAGI

RUPAT, Tribunriau- Jika memenuhi perjanjian ataupun sesuai point target dalam hal kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), PT Sumatera Riang Lestari (SRL) bakal memberikan reward.

Salahsatunya yaitu Seratus Juta untuk desa atau kelurahan yang sudah melakukan perjanjian dalam bentuk pembangunan infrastruktur.

Demikian disampaikan Komandan Fire Fighter PT SRL, Winarno saat acara perjanjian kerjasama program bebas api di Aula Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Selasa (29/6).

“Ada 4 program untuk dua desa tersebut, ketika mereka bisa melaksanakan itu (perjanjian, red), pertama ketika mereka bisa menjaga area mereka tidak ada kebakaran, maka reward seratus juta itu berlaku untuk mereka dalam bentuk pembangunan insfrakstruktur,” ujar Winarno.

Kemudian yang kedua, pemberian insentif untuk pemberdayaan kru leader, pimpinan, kepala bagian dari masing-masing desa sebagai penggerak untuk memastikan program tersebut berjalan lancar.

Yang ketiga, masih kata Winarno, pihaknya memiliki program bantuan pembukaan lahan tanpa bakar, setiap desa per 10 hektare.

“Terserah nanti kepada desa untuk siapa yang berhak, namun legalitas juga penting, selebihnya itu kita serahkan ke desa siapa yang ditunjuk,” jelasnya.

Terakhir, lanjut Winarno, pihaknya akan melakukan sosialisasi, program ini akan tetap berlanjut, penilaian mulai dari Juli hingga Oktober 2021.

“Yang kita inginkan adalah bagaimana komitmen dari masing masing desa, kekuatan desa itu mulai dari MPA, RT, RW, dan tokoh masyarakat, itu berkolaborasi dan seandainya nanti berhasil, maka mungkin bisa diajukan dalam bentuk insfrastruktur atau mungkin ada permintaan khusus uang 100 juta itu diberi peralatan dan sebagainya,” jelas Winarno.

Pihaknya berharap Rupat tidak lagi terjadi kebakaran, “Asal kita sama-sama menjaga, mulai dari elemen dasar,” pungkasnya.

Di lokasi yang sama, Camat Rupat melalui Sekcam mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang dilakukan PT SRL, bagaimanapun juga, karhutla adalah momok yang menakutkan.

“Karena bagaimanapun, kebakaran merupakan momok bagi kita, apalagi untuk kecamatan kita harus bebas dari api, terlebih untuk dua desa tersebut, memang rentan sekali untuk kebakaran, karena kita melihat situasi dan kondisi di lapangan, karena lahan gambut yang sangat tebal,” ujar Agafri.

“Kita mengharapkan juga agar tidak kembali terulang kejadian tempo dulu, itu sebabnya kami juga mengucapkan terimakasih kepada program yang dibuat PT SRL dalam penanganan karhutla, sama juga seperti Tanjung Kapal yang rentan kebakaran dan lahan-lahan yang tidak produktif agar dapat dikelola sehingga karhutla itu tidak terjadi,” jelasnya.

Demikian juga yang disampaikan Lurah Tanjung Kapal, pihaknya mengucapkan terima kasih dan berkomitmen untuk menjawa wilayahnya agar bebas dari Karhutla.

“Terimakasih kepada PT SRL yang telah menunjuk Tanjung Kapal dalam program desa bebas api, ini tentunya kita berharap reward itu nanti bisa kita peroleh dengan kerjasama, berharap juga masyarakat setempat untuk menjaga, betul-betul bahwa tidak terjadi lagi di wilayah Tanjung Kapal ini, terutama untuk tahun 2021 ini,” ujarnya.

“Tentunya kita akan menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga agar tidak terjadi kebakaran, supaya reward tersebut bisa kita peroleh apabila tidak terjadi kebakaran yang tidak melebihi dua hektare,” tambahnya.

Lurah mengimbau kepada seluruh masyarakat Tanjung Kapal terutama dari RT untuk mengajak masyarakat agar bisa menjaga supaya tidak ada lagi kebakaran hutan di kelurahan Tanjung Kapal, terutama untuk masyarakat pencari madu, pemancing, ikan pengolah kayu di hutan untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, karna puncak kebakaran sendiri disebabkan oleh human error,” ungkapnya.

Turut hadir Kepala BPBD Bengkalis, Danramil Rupat, Kapolsek Rupat, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, KPH Kementerian Lingkungan Kepulauan, MPA, RT, dan RW serta pengurus SRL.

Penulis Johanes Mangunsong
Editor: Darwis Joon Viker