Semesta Riau PT Musim Mas Beri Reward Pada Masyarakat Bebas Api

PT Musim Mas Beri Reward Pada Masyarakat Bebas Api

4
BERBAGI

PANGKALAN KERINCI, Tribunriau – Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Musim Mas, Senin (28/8) gelar sosialisasi dan pelatihan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan (karlahut),  dan penyerahan reward kepada Masyarakat Bebas Api (MBA).

Humas PT Musim Mas, Peron Sembiring mengatakan, kegiatan ini rutin diselenggarakan oleh PT Musim Mas sebagai komitmen perusahaan mencegah Karlahut. Sosialisasi ini juga melibatkan setiap unsur masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan.

“Kita bentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) dengan melibatkan masyarakat desa langsung untuk pencegahan karlahut. Dan kita berikan reward terhadap masyarakat desa yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan. Bila tidak ditemukan hotspot atau karlahut selama setahun, maka setiap desa kita berikan bonus Rp 25 juta. Ini kita lakukan sebagai wujud tanggung jawab memerangi karlahut dengan melibatkan semua komponen yang ada,” ujarnya.

Program bebas api ini berhasil menekan terjadinya kebakaran secara signifikan di lima desa dan satu kelurahaan. Hari ini ataupun berikutnya PT Musim Mas mengharapkan semua stacke holder dapat bahu membahu bekerja sama khususnya masyarakat dalam mengatasi dan menghilangkan dampak terjadinya kebakaran.

PT Musim Mas juga telah bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Riau (Unri) dalam mencegah kebakaran dan pemanfaatan limbah lahan. Pada tanggal 24 dan 25 Agustus 2017 telah dilakukan sosialisasi.

“Insya Allah pada 6 September 2017 dan seterusnya akan dilakukan Praktik Kerja Langsung di lapangan. Pada Kerja sama ini kami lakukan percobaan pada tiga desa, mudah-mudahan akan dikembangkan pada desa-desa lainnya. Upaya ini sejalan dengan misi perusahaan yang sangat terobsesi agar Riau bebas karlahut,” jelas Peron Sembiring.(Tn)