Tajuk Polres Bengkalis Adakan Giat Kampung Tangguh Nusantara, Dibuka Plh Bupati

Polres Bengkalis Adakan Giat Kampung Tangguh Nusantara, Dibuka Plh Bupati

BERBAGI

Bengkalis (Mandau) – Pada hari ini Kepolisian Resort (Polres) Bengkalis mengadakan kegiatan Kampung Tangguh Nusantara, Jaga Kampung untuk Ketahanan Pangan Masyarakat Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Rabu (26/08/20).

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Plh.Bupati Bengkalis H.Bustami HY dan diwakili oleh Assisten II Bidang Perekonomian Setda Bengkalis H.Heri Indra Putra.

Dalam acara itu juga dilakukan menonton Videotron siaran langsung, mengenai kegiatan yang sama diadakan di Rokan Hilir yang dihadiri Gubernur Riau H.Syamsuar, M.Si, Kabaharkam Ledjen Agus, Bupati Rohil Suyatno, Plh Bupati Bengkalis, Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Effendi, Kapolres Rohil dan jajarannya.

Kemudian kegiatan dilakukan peninjauan ke area penanaman sayur kangkung, menabur benih ikan ke kolam, secara simbolis menanam bibit cabe dan bibit pinang oleh Plh.Bupati diwakili Assisten II, Kapolres Bengkalis, Kapolsek Mandau, Camat Mandau diwakili Sekcam Mandau, Danramil 04 Mandau, perwakilan PT.CPI, perwakilan Kelompok Tani, dan perwakilan LAMR Mandau.

Lalu, secara simbolis pemberian bantuan sembako (dari PT.CPI) kepada anggota kelompok tani oleh Plh.Bupati diwakili Assisten II, Kadis Kesehatan, Kadis Sosial, Kapolres, Kapolsek, Danramil 04, Sekcam Mandau, perwakilan PT.CPI dan LAMR.

Disamping itu, ada juga bantuan khusus bagi anak yang mengidap penyakit jantung kronis oleh Kadis Kesehatan didampingi Kapolres kepada Ayah si anak didampingi Lurah Gajah Sakti Baharuddin.Dan bantuan mesin untuk pertanian dari Kapolres kepada Pengurus Kelompok Tani Pematang Pudu.

Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, SIK, MT ketika diwawancara awak media menerangkan, bahwa pembentukan Kampung Tangguh Nusantara merupakan program inovasi Polri dalam upaya menekan penyebaran Covid-19.

“Dengan adanya Kampung Tangguh ini kiranya kebersamaan, kemitraan serta hubungan kerja yang harmonis selama ini dapat terus dipelihara dan ditingkatkan dimasa mendatang,” ujar AKBP Hendra Gunawan.

Dilanjutkan Kapolres, harapan kita juga dengan adanya Kampung Tangguh ini, agar masyarakat terpenuhi kebutuhan pangannya karena juga kita menanam Cabe, sayuran dan menabur bibit Ikan didalam kolam yang berada disini.

“Target kita terkhususnya di Polres Bengkalis untuk Kampung Tangguh Nusantara ini, setiap kecamatan minimal ada satu, dan yang menjadi konsentrasi kami saat ini Kampung Tangguh yang berada di Kelurahan Pematang Pudu,” sebut AKBP Hendra Gunawan.

Kampung Tangguh Nusantara, sambung Kapolres, terkhususnya diwilayah Polres Bengkalis, selain Kecamatan Mandau juga sudah ada di Kecamatan Bengkalis dan Siak Kecil.

“Dengan adanya Kampung Tangguh Nusantara ini, terutama dalam masa Pendemi Covid-19 tujuan utama kami adalah bisa membantu perekonomian masyarakat terutama yang berada di Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau,” Tutup AKBP Hendra Gunawan.

Sementara Rudi Arif selaku Manager Corporate Perss Note PT.CPI mengatakan, bahwa diacara itu pihak Chevron ikut berpartisipasi mendukung ketahanan pangan masyarakat Riau, terutama dimasa pandemi Covid-19 ini.Chevron telah menganggarkan sekitar 11,6 Miliar untuk program bantuan sembako, APD (alat pelindung diri), masker, tempat tidur untuk rumah sakit, dan sarana air bersih untuk kesehatan.

Kemudian bantuan untuk ketahanan pangan untuk 20 desa di Riau.Kalau untuk di Duri ada di Kecamatan Mandau, Pinggir, Talang Muandau dan Bathin Solapan.Prosesnya sesuai dengan kerjasama CPI dengan pihak UNRI.

“Diharapkan dengan adanya sinergi dari pihak pemerintah, kepolisian dan TNI, dapat membantu masyarakat dalam ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 ini, dimana sudah menimbulkan kerugian kesehatan dan perekonomian pun semakin terpuruk,” sebutnya.

Selain Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, SIK, MT dan Assisten II Bidang Perekonomian Setda Bengkalis H.Khaidir Indra Putra, acara itu dihadiri juga oleh Kadis Sosial Hj.Martini, Kadis Kesehatan dr.M.Ersan Saputra, Kapolsek Mandau Kompol Arvin Heriyadi, SIK, Humas Polres Bengkalis AKP BH.Purba, Kasat Lantas AKP Hairul, Kasat Intelkam, Kasat PAM Ovid dan segenap jajaran Polres Bengkalis, Danramil 04 Mandau Kapt.H.Sitorus, Sekcam Mandau M.Rusidy, Lurah Pematang Pudu Tansil Akmal, Lurah Gajah Sakti Baharuddin, Lurah Batang Serosa, Lurah Duri Barat, Lurah Duri Timur, Perwakilan PT.Chevron Pasific Indonesia Rudi Arif dan rombongan , segenap Pengurus dan anggota Kelompok Tani Pematang Pudu, LAMR Mandau dan lainnya.(jlr).