Ekonomi Plh Bupati Kampar Pimpin Rembuk Harian KTNA Kabupaten Kampar

Plh Bupati Kampar Pimpin Rembuk Harian KTNA Kabupaten Kampar

BERBAGI

Yusri

Bangkinang Kota, (TRIBUNRIAU.COM) Plh Bupati Kampar Drs Yusri M.Si selaku Ketua Umum Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Kampar pimpin Rembuk Harian KTNA Kabupaten Kampar didampingi Kadis Pertanian dan holtikultura Kabupaten Kampar Hendri Dunan di Lantai III (tiga) ruang rapat Kantor Bupati Kampar. Kamis, 1/8/19

Dalam sambutannya Plh Bupati Kampar mengatakan untuk memajukan petani di Kabupaten Kampar yang harus dilakukan adalah komitmen seluruh ketua dan anggota KTNA di Kecamatan untuk memajukan para petani di Kabupaten Kampar karena KTNA merupakan ujung tombak kemajuan para petani.

“Oleh karena wilayah Kabupaten Kampar yang sangat luas tentu kultur tanahnya juga berbeda maka kita harus membagi zona-zona yang sesuai dengan kultur tanahnya sehingga para petani tidak gagal panen.”lanjut Yusri

Jika perlu adakan penelitian di setiap zona untuk memastikan tanaman apa yang cocok ditanam di setiap zona tersebut sehingga para petani dapat berkembang dan maju di Kabupaten Kampar. “Untuk memastikan tanaman yang cocok perzona tersebut harus dilakukan penelitian oleh pakarnya.”ujar Yusri

Apabila kita sudah bisa memastikan zona-zona yang sudah sesuai dengan kultur tanah yang benar cocok dengan tanaman yang akan ditanam oleh petani, dan sesuaikan dengan sosial, budaya serta ekonomi dengan demikian setiap kecamatan atau wilayah mempunyai produk unggulan hasil pertanian.

pemerintah melalui Dinas Pertanian tentu saja sangat mendukung dan mempunyai komitmen untuk percepatan peningkatan hasil tani dari masyarakat khususnya petani, dengan cara mendukung dan membantu baik bibit dan pupuk.

“jika tidak demikian, maka petani di Kabupaten Kampar ini tidak akan maju dan berkembang, dan KTNA pun gagal dan ini tidak kita inginkan bersama.”ujar Yusri

Plh Bupati Kampar juga menyebutkan dapat dipastikan jika sudah ditetapkan zona di setiap wilayah maka setiap tahunnya akan kita laksanakan panen raya di Kabupaten Kampar sesuai dengan musim panen tanaman.

Plh Bupati Kampar juga menegaskan bahwa kedepan KTNA Kabupaten Kampar harus mampu mendirikan pasar tani sehingga hasil tanam seluruh para petani kampar dapat disalurkan (dijual) dan menguntungkan para petani.

Kalau sudah demikian Pemerintah akan mendukung apapun kegiatan petani melalui KTNA untuk kemajuan ekonomi para petani di Kabupaten Kampar.

“Mari kita majukan petani di Kabupaten Kampar, dan KTNA harus punya komitmen dan berada didepan untuk memajukan para petani sehingga kehidupan masyarakat Kampar sejahtera.”lanjut Yusri.

Kadis Pertanian dan holtikultura Kabupaten Kampar Hendri Dunan dalam laporannya mengatakan Kampar akan mendapatkan bibit jagung untuk 5000 ha juga tanaman lainnnya berikut pupuk dari Kementerian Pertanian.

Dari bantuan yang diberikan tersebut nantinya akan disesuaikan dengan zona-zona penanaman bibit yang sudah ditetapkan sehingga ekonomi para petani meningkat dan sejahtera.

Untuk itu Hendri Dunan meminta kepada seluruh pengurus KTNA dapat menetapkan lokasi untuk penanaman jagung, cabe dan lainya, karena di Kabupaten Kampar masih banyak lahan-lahan tidur yang tidak dimanfaatkan oleh petani. (Shm)