Sosbud Persatuan Pemuda Tempatan Batam Kunjungi WTP Duriangkang

Persatuan Pemuda Tempatan Batam Kunjungi WTP Duriangkang

BERBAGI

BATAM, Tribunriau- Persatuan Pemuda Tempatan mendapat kehormatan diundang oleh Perusahaan Pengelola Air Minum Adhya Tirta Batam (ATB), Jumat (24/1).

Rombongan tersebut terdiri dari Ketua DPC Batu Aji Juli Puraga Bondar, Sekretaris DPD Perpat Batam dan rombongan lainnya.

Salah seorang Pegawai yang menjamu rombongan, Yahya Zakaria mengatakan bahwa saat ini ATB melayani hampir keseluruhan masyarakat yang ada di Batam dan Hinterlan.

“Hampir 70 persen air bersih untuk kebutuhan Masyarakat Pulau Batam dan masyarakat Hinterlan diproduksi dari sini,” ujarnya kepada rombongan.

Dijelaskannya, kapasitas Instalasi pengelolaan air WTB ini yaitu 200.000 liter air per detik.

Lebih jauh, dijelaskan Yahya, tahapan yang harus dilakukan untuk mengolah air sampai menjadi layak pakai dan minum sebanyak 8 tahapan.

“Proses Impech, Airattor,flokulator, Sedimentasi, Filtrasi, Bak penampung (Kaporit), Pompa Distribusi dan Pipa Transmisi/Distribusi, di lokasi, disini kita pompakan air, ada tiga lokasi besar yaitu ke daerah Batu Aji, Ojon dan daerah Bandara,” ujarnya.

Sebagai bahan campurannya menjadi air bersih, lanjut Yahya, kita menggunakan Tawa, pasir, Kaporit, dari mulai Thn 2001, kita masih menggunakan tarif lama untuk harga pengunaan air sampai sekarang ini.

Masalah komplain, kata Yahya, pihaknya siap menerima dan warga dapat menghubungi pihak perusahaan.

“Kalau ada umpamanya masyarakat komplain mengenai kualitas air, bisa langsung menghubungi kita, ini kemungkinan penyebabnya air kotor antara lain pipanya yang sudah lama, pipa yg terbuat dari besi, akibat mati listrik, adanya pekerjaan pergantian pipa di lapangan, jadi kalau ada komplain dari masyarakat konsumen ATB, kalau ada pipa yang kurang bersih, segera diberitahu ke costumer service kami,” ujar Yahya Zakaria.

Penulis: Pilian