Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia 2024 di Rohil dirangkai Dengan Pengarakan Piala Adipura

0

ROHIL,Tribunriau – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui Dinas lingkungan hidup (Dlh) akan menggelar peringatan hari lingkungan hidup sedunia sekaligus juga mengarak piala Adipura keliling kota Bagansiapiapi.

Demikian disampaikan oleh kepala dinas lingkungan hidup Rohil Suwandi,SSos saat dikonfirmasi, Selasa (11/6/2024).

Kadis LH Rohil Suwandi mengatakan, Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, yang sebenarnya itu jatuh pada tanggal 5 Juni tahun 2024, tetapi kami mungkin rencananya akan melaksanakan dan merayakan hari lingkungan hidup sedunia itu pada tanggal 20 Juni tahun 2024 yang dipusatkan di pelabuhan baru,” Kata Suwandi.

“Adapun rangkaian kegiatan yang akan kita lakukan antara lain adalah, kita akan mengarak piala Adipura, mulai dari kantor BPKAD Menuju kejalan pahlawan, kemudian ke jalan masjid, masuk ke jalan perwira, lanjut ke jalan perniagaan , kemudian masuk ke jalan nelayan menuju ke pelabuhan baru”, ujar suwandi.

Suwandi menjelaskan, Maksud kita mengarak piala Adipura ini, adalah ini merupakan momentum yang bersejarah karena memang sudah lama Bagansiapiapi tidak mendapatkan Adipura, dan sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar masyarakat juga berperan serta dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Selain kami mengarak piala Adipura, tambah Dia, kami juga mengadakan kegiatan seremonial seperti penanaman pohon di areal pelabuhan, kemudian membersihkan pinggir tepi sungai disepanjang pelabuhan menuju ke pelabuhan oliong, yang nanti kita akan gotong royong masal Disana

” Kemudian juga ada pembagian hadiah pada saat kemaren kami mengadakan lomba mengumpulkan sampah- sampah berbahan plastik, dan mungkin nanti kita akan serahkan pada acara tersebut dan rencananya kami akan menghadap pak bupati mudah mudahan pak bupati berkenan hadir dalam acara ini,” Sebutnya.

Lebih lanjut suwandi mengatakan, untuk kegiatan ini, kemaren kami sudah berkoordinasi dengan beberapa OPD seperti Disprindagsar karena ini juga ada bersangkutan dengan penilaian pasar, kemudian dengan dinas Ketahanan Pangan dan pertanian (DKPP) kepala dinasnya mensuport kegiatan ini dengan menampilkan hasil hasil pertanian yang ada di Kabupaten Rokan Hilir ini.

” Selain itu, dalam kegiatan ini juga melibatkan anak-anak sekolah, seperti Marching band, namun mayoritasnya adalah petugas kita yang ada di kecamatan Bangko ini yang akan kita libatkan dalam memeriahkan hari lingkungan hidup sedunia sekaligus mengarak piala Adipura ini,” Pungkas suwandi. (Hen).