Pencegahan Karhutla, Forkopimcam Rupat Gelar Rakor

0
Pencegahan Karhutla, Forkopimcam Rupat Gelar Rakor

Rupat, Tribunriau – Menindaklanjuti atensi dari Presiden RI terkait pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Forkopimcam Rupat gelar Rapat Koordinasi (Rakor).

Rakor tersebut dipimpin oleh Camat Rupat, Hariadi S. Sos, M.Si bersama Dam Ramil dan Kapolsek Rupat di aula kantor camat Rupat, Selasa (23/5).

Pencegahan dan penanganan Karhutla ini perlu dilakukan mengingat kondisi cuaca yang terkadang ekstrim (pancaroba) dengan geografi hutan yang masih cukup luas.

Untuk diketahui, pada tahun 2023 ini telah terjadi beberapa kali Karhutla di beberapa wilayah kelurahan Teluk Desa, Teluk Lecah dan desa Dungun Baru.

“Ini merupakan tanggung jawab kita bersama pemerintah daerah TNI/Polri para relawan termasuk masyarakat dan tidak lupa kita terus mengingatkan kepada masyarakat tentang bahayanya jika terjadi karhutla mulai dari sanksi administrasi sampai sanksi pidana,” ungkap camat dalam sambutannya.

Lebih jauh, camat Rupat juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran terkait TNI/Polri BPBD, Damkar dan juga dari perusahaan serta lurah, dan desa yang berusaha maksimal dalam memberikan dan menanggapi kebakaran hutan dan lahan.

Selanjutnya Kapolsek Rupat, Iptu Siswoyo S.H dalam sambutannya berharap agar masyarakat dapat saling berkoordinasi dan bekerjasama dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan.

Hadir pada acara rapat tersebut camat Rupat Forkopimcam Rupat, lurah, dan kepala desa sekecamatan Rupat, BPBD kabupaten bengkalis dan kecamatan Rupat, Damkar kecamatan Rupat, dan anggota masyarakat peduli api (MPA) sekecamatan Rupat maupun di tingkat kelurahan desa.

Penulis: Johanes Mangunsong
Editor: Iskandar Z