Kesehatan Melawan Bau Mulut dari Bumbu Dapur Sederhana

Melawan Bau Mulut dari Bumbu Dapur Sederhana

81
BERBAGI

Tribun Riau- Bau mulut, juga dikenal sebagai ‘halitosis’ adalah masalah umum yang mempengaruhi satu dari empat orang secara global. Hal ini dapat menyebabkan tekanan psikologis dan rasa malu bagi orang yang menderita karenanya. Menurut dokter gigi, bau mulut juga merupakan alasan paling umum bagi orang untuk mencari perawatan gigi, setelah pembusukan gigi dan penyakit gusi.

Berbagai penyebab bau mulut adalah kebersihan mulut yang buruk, gigi tiruan merokok, penyakit gusi, gigi berlubang dan infeksi mulut kering dan diabetes. Berikut dilansir dari Boldsky dan Republika, beberapa pengobatan rumah sederhana untuk melawan bau mulut.

1. Apel dan kayu manis

Apel mengandung pektin yang membantu mengendalikan bau makanan dan meningkatkan produksi air liur. Kayu manis bersifat antimikroba, sementara yoghurt memiliki budaya aktif yang membantu mengurangi bakteri penyebab bau di mulut. Campur potongan apel, parut wortel, dan tambahkan 3 hingga 5 sendok makan yogurt rendah lemak. Ini ampuh untuk mengusir bau mulut.

2. Membilas air garam hangat

Membilas dengan larutan garam adalah cara yang bagus untuk mencegah penumpukan bakteri menular di tenggorokan dan mulut.

3. Minyak pohon teh

Tambahkan satu atau dua tetes minyak tea tree ke segelas air hangat. Berkumurlah dengan ini selama 5 menit. Minyak pohon teh adalah zat antibakteri hebat yang bekerja melawan berbagai bakteri dan membunuh mereka.

4. Kunyah cengkeh, biji adas, dan kapulaga

Jika mencari penyegar mulut alami maka cukup kunyah biji adas, cengkeh dan kapulaga untuk digunakan sebagai penyegar mulut alami.

5. Herbal mint, basil dan cilantro

Jika mencari solusi alami, untuk menjaga gigi dan gusimu bersih, bumbu tertentu seperti ketumbar, mint dan basil yang dapat membantu karena kehadiran klorofil di dalamnya. Klorofil dikenal secara internal menghilangkan bau badan yang menyebabkan nafas lebih segar.

6. Zinc mouthwash

Cobalah obat kumur atau permen karet untuk mengobati bau mulut. Zinc gluconate telah terbukti memiliki dampak pada penumpukan plak oral.

7. Teh Hijau

Teh hijau untuk sementara mengurangi bau mulut karena adanya polifenol dalam teh hijau yang membantu menahan bau mulut. Minum minimal 3 gelas sehari untuk mencegah halitosis.

8. Aloe vera

Aloe vera adalah tanaman antijamur dan antibakteri alami. Ekstrak sama efektifnya dengan obat kumur dalam mengurangi plak.

9. Cuka sari apel

Membuat larutan 2 sendok makan cuka sari apel dengan segelas air dan digunakan sebagai obat kumur selama 5 menit ini membantu mengurangi bau mulut.

10. Minyak kelapa

Ambil satu sendok makan minyak kelapa murni untuk kumur-kumur desiskan. Lakukan ini setiap hari sampai napas bau hilang.

11. Jus jahe

Tambahkan 1 sendok teh jus jahe ke segelas air hangat dan bilas mulut dengan itu. Jahe memiliki sifat antimikroba dan membantu menghilangkan infeksi dan bau tak sedap.

12. Permen bebas gula

Kunyah permen karet bebas gula untuk menghindari bau mulut karena proses ini membantu menjaga aliran air liur yang sehat di mulut dan tenggorokan.

13. Minyak kumur Eucalyptus

Tambahkan 2 hingga 3 tetes minyak kayu putih ke dalam secangkir air dan bilas mulut dengan ini secara teratur.

14. Kapulaga

Jika penyebab bau mulut adalah makanan yang baru saja dikonsumsi, maka cukup satu buah kapulaga dikunyah. Kapulaga adalah penyegar mulut beraroma yang menyamarkan bau tak sedap.

15. Lemon, kayu manis dan madu

Tuangkan air lemon ke dalam wadah kedap udara dan tambahkan setengah sendok makan bubuk kayu manis dan 2 sendok makan madu untuk ini serta air panas. Gunakan sebagai obat kumur setelah menyikat gigi. Baik kayu manis dan madu memiliki sifat antibakteri untuk mendisinfeksi dan membersihkan mulut. (red)