Sosbud Mangasi Sormin, SH, MM: Filosofi dan Edukasi JHT itu Penting Bagi Pekerja

Mangasi Sormin, SH, MM: Filosofi dan Edukasi JHT itu Penting Bagi Pekerja

4
BERBAGI
Mangasi Sormin, kepala kantor BPJS Ketenagakerjaan Batam

BATAM, Tribunriau-
Keuntungan bagi peserta aktif di jamsostek untuk jaminan hari tua (JHT), yaitu bunga yang diberikan lebih tinggi daripada bunga bank serta tidak ada biaya pemotongan admistrasi.

Edukasi ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh tenaga kerja ketika sudah tidak produktif, sehingga saldo yang akan diterima pekerja ketika sudah tidak produktif lagi dapat digunakan untuk modal usaha.

Hal tersebut dikatakan kepala kantor BPJS Ketenagakerjaan Batam, Mangasi Sormin, Senin(1/2/16), di ruang kerjanya yang berada di Jalan Gajah Mada, Komplek Tiban Impian Blok a No 1-3.

“Terkait PP Pemerintah No 1 Tahun 2009 tentang Peraturan Pemerintah No 14 Tahun 1993 tentang penyelenggaran BPJS pasal 32, mengikuti program BPJs Ketenagakerjaan, kita sudah mengedukasi dan menyurati ke seluruh perusahaan yang ada di Pulau Batam agar masuk program BPJs ketenagakerjaan, dan mengklaim di kantor kita,” jelasnya kepada Tribunriau.

Ditambahkannya, pihak BPJS Batam sudah melaksanakan program Trauma Center, dengan hanya memperlihatkan Kartu BPJS ke klinik atau rumah sakit, semua akan difasilitasi.

“Bahkan untuk mempermudah pekerja yang mengalami kecelakaan kerja, kita sudah melaksanakan program trauma centre, sudah diikuti sebagian besar perusahaan yang ada di Batam, ketika ada yang mengalami kecelakaan kerja, tidak perlu repot mengklaim segalanya ke kantor BPJS, cukup menunjukan ID card ke klinik atau rumah sakit (RS) yang memiliki kerjasama dengan program trauma center, semua pengobatan dan perawatan akan difasilitasi rumah sakit dan setelah sembuh, pihak RS yang akan klaim ke BPJS,” ujarnya.(lian)