Politik KPU Bengkalis Adakan Simulasi Pemungutan Suara

KPU Bengkalis Adakan Simulasi Pemungutan Suara

BERBAGI

Bengkalis, Tribunriau – Menjelang waktu pencoblosan surat suara pilkada pada 9 Desember nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis, adakan simulasi pemungutan dan perhitungan suara serta rekapitulasi hasil perhitungan suara di TPS, dengan mengutamakan penerapan protokol kesehatan, di lapangan Tugu Bengkalis, Sabtu (21/11/20).

Simulasi kali ini, lebih memperhatikan protokol kesehatan masyarakat, seperti memakai masker, cuci tangan, cek suhu, pakai sarung tangan plastik dan juga jaga jarak, selama pelaksanaan pemungutan suara petugas maupun masyarakat wajib patuhi protokol kesehatan.

Ketua KPU Kabupaten Bengkalis Fadillah Al Mausuly mengatakan, tujuan simulasi yang digelar hari ini, untuk memberikan pelatihan atau pendidikan kepada penyelenggara, teknis bagaimana cara pemungutan dan perhitungan suara serta rekapitulasi hasil perhitungan suara di TPS, dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Pelatihan ini juga akan berlanjut ditingkat PPK, ke PPS dan dilanjutkan KPPS, kita berharap dengan adanya simulasi seperti ini, pelaksanaan pilkada di Kabupaten Bengkalis berjalan sesuai dengan harapan kita bersama. Tentunya segala kegiatan pelaksanaan pilkada tahun ini, harus mengutamakan protokol kesehatan, terutama kami ingatkan kepada semua petugas pilkada wajib patuhi protokol kesehatan,” imbaunya.

Sementara itu Penjabat Bupati Bengkalis diwakili Kepala Kesbangpol Kabupaten Bengkalis H Hermanto Baran mengatakan, pesan dari Pj Bupati Bengkalis untuk pelaksanaan pilkada tahun ini harus tetap memperhatikan protokol kesehatan, wajib mematuhi protokol kesehatan.

“Kita tidak ingin pelaksanaan pilkada tahun kali ini, menjadi klaster penambahan kasus Covid-19, pastinya Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat menyambut baik serta mendukung atas terlaksananya pilksana di Kabupaten Bengkalis,” ujarnya.

Kemudian Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, SIK, MT mengatakan, pihaknya siap untuk menurunkan anggota untuk pilkada di Kabupaten Bengkalis.

“Kami sudah siapkan anggota untuk pengamanan pelaksanaan pilkada di Kabupaten Bengkalis, kami juga terus mengingatkan kepada anggota Polri agar terus disiplin dengan protokol kesehatan,” tegas Kapolres (jlr/disk).