Semesta Riau Kelompok Tani Mekar Jaya Rohil Unjuk Rasa di PT Sindora Seraya

Kelompok Tani Mekar Jaya Rohil Unjuk Rasa di PT Sindora Seraya

11
BERBAGI

ROHIL, Tribunriau- Ratusan warga dari kelompok Tani Mekar Jaya menggelar Unjuk Rasa di PT Sindora Seraya terkait kasus tapal batas antara HGU PT Sindora Seraya dengan lahan milik gabungan kelompok Tani Mekar Jaya yang diketuai oleh Jusmadi, Kepenghuluan Sei Sialang Hulu, Kecamatan Batu Hampar, Rabu (19/07/2017) kemarin sekitar Pukul 09.00 WIB.

massa gabungan kelompok Tani Mekar Jaya yang berjumlah kurang lebih 200 orang tersebut bergerak dari Mushola Nurul Iman Desa Parit (7), Kepenghuluan Sialang Hulu menuju Perbatasan Kepenghuluan Bantayan (SK 6 yang berada di areal PT. Sindora Seraya). Adapun kendaraan yang digunakan oleh massa yaitu satu (1) Unit Truck Colt Diesel dan beberapa kendaraan Roda (2).

Gabungan kelompok Tani Mekar Jaya menuntut PT Sindora Seraya yang telah menguasai dan menanami lahan seluas lebih kurang 500 HA.

Tak lama berorasi, Kapolsek Batu Hampar, Ipda S. Sijabat menyampaikan beberapa hal terkait tuntutan massa dan memanggil pihak perusahaan untuk dapat menerima perwakilan pengunjuk rasa.

Perwakilan pengunjuk rasa diterima PT Sindora Seraya di ruang rapat yang dihadiri oleh Kabag Umum PT Sindora Seraya, Rusdi, Estate Manager Bob B Saragih, Kabag Ren Polres Rohil Kompol Lagomo A.Md, Kasam Intelkam Polres Rohil AKP P. Banjar Nahor S.Sos, Kapolsek Batu Hampar Ipda S. Sijabat dan tokoh lainnya.

Dari mediasi tersebut, dihasilkan beberapa item kesepakatan, diantaranya pada tanggal 18 September 2017 akan dilaksanakan peninjauan ulang titik koordinat batas HGU PT Sindora Seraya dengan lahan masyarakat oleh pihak BPN dan seluruh instansi terkait.

Situasi mediasi dan aksi unjuk rasa aman dan terkendali dan massa membubarkan diri pada pukul 12.30 WIB.

Pengamanan dilakukan oleh Polres Rohil dan Polsek Batu Hampar dengan jumlah personil sebanyak 70 anggota untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. (TO)