Semesta Riau Kejari Rohil Musnahkan Barang Bukti 354 Perkara

Kejari Rohil Musnahkan Barang Bukti 354 Perkara

7
BERBAGI
Pemusnahan barang bukti perkara tindak perkara umum yang telah berkekuatan hukum tetap di Kejari Rohil.
Pemusnahan barang bukti perkara tindak perkara umum yang telah berkekuatan hukum tetap di Kejari Rohil.

ROHIL, Tribunriau – Pemusnahan Barang Bukti perkara tindak perkara umum yang telah berkekuatan hukum tetap pada Kejaksaan Negeri (kejari) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) periode bulan oktober 2017 – Nopember 2018 sebanyak 354 perkara, Kamis (13/12/18) di halaman kantor Kejari Rohil Bagansiapiapi.

Hadir Kejari Rohil Gaos Wicaksono. SH, wakil Bupati Drs. Jamiludin, Ketua DPRD Nasrudin Hasan, Dandim, kapolres Rohil, kalapas Bagansiapiapi, tokoh agama, masyarakat.

ketua pelaksana kepala seksi tindak pidana Umum (kasipidum) Zulham , melaporkan tentang pemusnahan Barang Bukti yang mempunyai hukum tetap yang telah dilaksanakan Kejari Rohil. Pemusnahan Barang Bukti yang dilaksanakan pada hari ini priode 0ktober 2017 sampai Nopember 2018 yang telah mempunyai Hukum tetap yang telah diputuskan oleh pengadilan Negeri Kabupaten Rokan Hilir, “katanya.

Adapun Bahan bukti yang mempunyai hukum tetap tersebut terdiri dari ganja seberat 819, 93 gram, sabu-sabu 574,52 gram, pil ektasi sebanyak 6 butir, senjata api 2 pucuk, uang palsu 2 lembar dengan pecahan Rp. 100.000.

Kemudian Kejari Rohil juga menangani perkara pangan yang telah mempunyai Hukum tetap yang terdiri dari : 198 kotak kardus susu milo, 235 lusin kecap botol merk Hulfo, 18 kotak kardus kecap merk hulfo, 6 kotak kardus kecap jerigen, 95 kotak kardus berisikan bumbu, 96 kari mari dan 30 kotak kardus spac nice cecal.

Kami sampaikan juga untuk perkara sabu-sabu dan ganja yang diterima Kejari Rohil adalah dalam bentuk penyisihan dari penyidik, jadi sudah ada juga yang dimusnahkan dari penyidik.

Selanjutnya barang bukti yang lainya, yakni perkara pencurian, perlindungan anak, Bahan bukti berupa kayu, pakaian, handphone, parang, kapak, dan sementara 303 atau perjudian terdapat barang bukti berupa rekapan Togel

“Kami laporkan juga untuk keseluruhan barang Bukti yang untuk dieksekusi dalam priode bulan oktober 2017 sampai Nopember 2018 total keseluruhanya 354 perkara,” ujar Zulham

Selanjutnya Sambutan Kejari Rohil Gaos Wicaksono, mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan yang sudah hadir, sehingga pelaksanaan eksekusi yang merupakan tugas dari pada jaksa dalam hal ini jaksa penuntut umum dapat terlaksana dengan baik.

“Ketika kami sudah menuntut mewakili negara dan hakim memutuskan serta mempunyai hukum yang tetap, maka yang terjadi adalah eksekusi tuntas baik kepada pelaku, maupun pidana barang buktinya seperti saat hari ini, terkait dengan benda atau gelar perkara,” katanya.

Pemusnahan Barang Bukti sudah merupakan kegiatan rutin dari pada Kejaksaan Negeri Kabupaten Rokan Hilir, pada khususnya Kejaksaan Negeri maupun Kejaksaan tinggi pada umumnya bahkan Kejaksaan Agung.

“Saya berharap semoga terkait dengan perkara pidana umum, semoga dapat diminimaliisir, demikian pula dengan perkara tindak pidana korupsi supaya negara tidak dirugikan dan masyarakat dapat sejahtera,” harap Gaos Wicaksono.

Di tempat yang sama, wakil Bupati Drs.Jamiludin mengucapkan Terima kasih banyak kepada Kejari Rohil. “Sejak dari awal sampai saat ini dalam hal kerjanya, saya rasa tak salah lagi pemerintah Kabupaten Rokan Hilir memberikan nilai atau aplus, karena sudah memberikan kerja nyata,” ujarnya. (hen)