Ekonomi Kebutuhan Hewan Kurban Diprediksi Meningkat 10 Persen, Sapi Capai Rp15 Juta Per...

Kebutuhan Hewan Kurban Diprediksi Meningkat 10 Persen, Sapi Capai Rp15 Juta Per Ekor.

5
BERBAGI

DUMAI, Tribunriau – Dinas Ketahanan Pangan Kota Dumai memprediksi kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha tahun ini meningkat 10 persen. Hal itu dikatakan Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dumai, Hadiono dilansir GoRiau.com, Senin (14/8/2017). Untuk pasokan dari lokal Dumai baru tersedia 10 persen dari jumlah hewan kurban tahun lalu sejumlah 1.993 ekor.

“Harga sapi untuk kurban di Dumai saat ini mencapai Rp15 juta per ekornya. Juga, beberapa pedagang sapi dari Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Jambi sudah mengajukan izin ke Pemerintah Dumai untuk memasok hewan kurban,” jelasnya.

Hewan kurban, baik persediaan lokal maupun didatangkan dari daerah lain akan diawasi kesehatannya dan Dinas Ketahanan Pangan Dumai segera membentuk tim pengawas.

“Tim pengawas dokter hewan, tenaga medis dan peternakan akan dibentuk untuk mengawasi kesehatan kurban agar masyarakat tidak salah konsumsi daging,” katanya.

Pengecekan kesehatan hewan kurban dilakukan tim pengawas dengan mendatangi lokasi pengumpulan sapi atau kambing. Karena itu diimbau pedagang atau peternak melapor ke pemerintah sebelum dijual ke masyarakat.

Hewan dinyatakan sehat dan layak konsumsi setelah diperiksa tim medis. Kemudian akan ditandai dengan nomor pemeriksaan kesehatan untuk keperluan agar masyarakat tidak salah membeli.

“Kami imbau masyarakat tidak salah beli kebutuhan kurban ini, dan carilah di tempat pengumpul hewan yang dinyatakan sehat dan layak konsumsi setelah diperiksa tim pengawas,” tutup Hadiono. (GR/Tn)