Karhutla di Desa Karya Indah Kampar, Berhasil Dijinakkan

7
BERBAGI

KAMPAR, Tribun Riau- Bhabinkamtibmas Desa Karya Indah Brigadir Wilyan Fantri bersama dengan anggota Patroli Terpadu Karhutla Desa Karya Indah, yang terdiri dari POLRI, TNI, MANGGALA AGNI dan Anggota MPA berhasil meninakkan kebakaran lahan dan hutan seluas 4 hektare.

Berawal dari informasi masyarakat, Minggu (05/08/2018) sekira Pukul 10.00 WIB, Brigadir Wilyan Fantri mendapatkan Informasi adanya kebakaran lahn di lingkungan RT 19 RW 09 Dusun IV Desa Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Diketahui dari Grup WhatsApp Desa Tangguh Bencana Desa Karya Indah, mendapat informasi dari masyarakat tersebut, Bhabinkamtibmas bersama yang lainnya langsung menuju lokasi yang dimaksud.

“Sesampai di lokasi, anggota patroli terpadu benar menemukan lahan yang terbakar dengan api masih menyala, kami langsung mengambil tindakan segera untuk pemadaman api menggunakan peralatan manual seadanya,” Ujar Brigadir Wilyan.

Dikatakan Wilyan, luas lahan yang terbakar tersebut kurang lebih 4 hektare. Dugaan sementara, lahan yang terbakar tersebut adalah lahan kaplingan, Namun pihaknya belum mengetahui siapa pemiliknya.

“Penyebab lahan terbakar diduga kuat sengaja dibakar oleh pemilik lahan, sehingga akibat dari kebakaran lahan tersebut, lahan masyarakat yang bersebelahan ikut terbakar juga dan ini sangat berpotensi menimbulkan asap karhutla,” pungkas Bhabinkamtibmas Karya Indah.

Senada disampaikan Babinsa Karya Indah, Pelda Erizal mengatakan, kesadaran masyarakat tentang bahaya karhutla masih minim, sehingga pembakaran lahan masih menjadi pilihan dalam membuka lahan.

“Masyarakat gak bertanggung jawab, habis lahannya diimas (diterbas/dibersihkan) langsung dibakar, terus ditinggal pergi,” kesal Pelda Erizal dari Babinsa.

Dikutip dari status akun Facebook milik Babinsa Karya Indah, Pelda Erizal Tj, Minggu (05/08 sore) lalu, dirinya kecewa terhadap aparatur desa yang enggan turun ke lokasi untuk ikut mengontrol karhutla di Desa Karya Indah.

“Untuk aparatur desa (RT, RW, Kadus dan pihak desa) gak ada yang turun ke lokasi lahan terbakar ini, saya berharap tegas kerjasamanya, untuk kita juga, bukan untuk orang lain, bukan untuk saya sendiri. Semoga Kerja Sosial ini, Tuhan yang membalasnya. amin.” tulisnya. (hbi)