Semesta Riau Jelang Pilkada 2020, Kapolres Dumai: Hindari Hoax dan Ujaran Kebencian

Jelang Pilkada 2020, Kapolres Dumai: Hindari Hoax dan Ujaran Kebencian

BERBAGI
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira, S.I.K, M.H saat memberikan kata sambutan
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira, S.I.K, M.H saat memberikan kata sambutan

DUMAI, Tribunriau- Menjelang perhelatan pesta demokrasi yang digelar serentak di seluruh Indonesia pada tahun 2020 mendatang, termasuk Kota Dumai, dihimbau agar warga menghindari berita bohong, ujaran kebencian serta isu sara dan provokasi.

Demikian dikatakan Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira, S.I.K, M.H dalam acara Forum Silaturahmi Kamtibmas dan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2020 di Gedung Citra Waspada Polres Dumai Jalan Jendral Sudirman No. 01 Kelurahan Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur.

“Agar kita semua dapat menghindari berita bohong (Hoax), ujaran kebencian, isu sara dan Provokasi dalam perjalanan politik Pemilihan Walikota & Wakil Walikota Dumai Tahun 2020 untuk mewujudkan Pesta Demokrasi Kota Dumai yang aman, damai dan sejuk,” ujar Kapolres, Jumat (29/11/2019).

Dilanjutkan Kapolres, dalam penggunaan media sosial diharapkan juga masyarakat dapat dengan bijak menyikapinya. “Jangan asal berbagi dan jangan mudah terprovokasi oleh berita Hoax. Kemudian saya juga menegaskan bahwa Polri Netral pada setiap pelaksanaan pesta demokrasi termasuk dalam Pemilihan Walikota & Wakil Walikota Dumai Tahun 2020,” tegas Kapolres Dumai.

Hadir pada kegiatan tersebut Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS, M.Si, Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira, S.I.K, M.H, Kasat Binmas Polres Dumai AKP Rachmat M. Salihi, S.I.K, M.H, Ketua beserta Komisioner KPU Kota Dumai, Ketua beserta Komisioner Bawaslu Kota Dumai, Unsur TNI se-Kota Dumai, Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai Datuk Seri Syahrudin Husin, Para Camat, Lurah dan Ketua RT se-Kota Dumai, Tokoh Agama, Tokoh Adat Tokoh Masyarakat dan Pimpinan Pondok Pesantren Kota Dumai serta Para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Dumai dengan jumlah peserta lebih kurang 200 orang.

Adapun isi Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2020 yang dibacakan oleh Ketua KPU Kota Dumai Darwis, S.Ag dan diikuti oleh seluruh peserta forum silaturahmi Kamtibmas adalah :

Deklarasi Pemilu Damai 2020
Kami Unsur Forkopimda, TNI – Polri, KPU, Bawaslu Dan Seluruh Elemen Masyarakat se-Kota Dumai Sepakat Dan Bertekad Untuk :
1. Bersama-sama Mewujudkan Pesta Demokrasi Pemilu Walikota Dan Wakil Walikota dumai Tahun 2020 Yang Aman, Dan Kondusif.
2. Bersama-sama Membangun Suasana Yang Penuh Keamanan Dengan Senantiasa Mengedepankan Sikap Saling Menghargai Dan Menghormati Serta Berupaya Menghindari Terjadinya Konflik Dalam Setiap Tahapan Pemilu, Agar Pemilu 2020 Yang Akan Dilaksanakan Dapat Memberikan Hasil Yang Berkualitas.
3. Bersama-sama Menegaskan 4 Pilar Kebangsaan Yakni Menjaga Keutuhan NKRI, Menegakan Pancasila, Menjunjung Tinggi Undang-Undang Dasar 1945 Dan Menguatkan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika. (rilis)