Jelang Idul Fitri, Arus Padangpanjang-Bukit Tinggi Padat

16
BERBAGI
Ilustrasi - Padatnya arus jalan Padang Panjang menuju Bukit Tinggi
Ilustrasi - Padatnya arus jalan Padang Panjang menuju Bukit Tinggi

PADANG PANJANG, Tribun Riau- Arus kendaraan yang melintasi jalan nasional di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), mulai meningkat pada Selasa atau tiga hari jelang Idul Fitri 1439 Hijriah.

“Dari arah Padang menuju Bukittinggi dan sebaliknya mulai ada peningkatan arus hingga 25 persen,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Padang Panjang, Iptu Aditialidarman di Padang Panjang, Selasa (12/6/2018).

Ia menyebutkan kendaraan yang melintas di kota berjuluk Serambi Mekah itu didominasi oleh kendaraan dari Jakarta, Pekanbaru, Jambi, Palembang dan Lampung.

“Kendaraan yang melintas didominasi oleh kendaraan roda empat,” ujarnya dilansir antarasumbar.

Dalam mendukung kelancaran lalu lintas di daerah perlintasan itu pada libur panjang lebaran kali ini, ia menyebutkan, kepolisian telah menyiapkan langkah-langkah pengaturan lalu lintas mengurai kemacetan.

Terdapat jalur alternatif yang dapat dilalui dan langkah rekayasa lalu lintas di titik rawan kemacetan seperti objek wisata, kuliner dan pasar.

Dari Padang Panjang menuju Bukittinggi, jalur alternatif yang tersedia yaitu ke Simpang Lubuk Mata Kucing menuju Jalan Haji Miskin Koto Baru.

Namun pengendara hanya diarahkan ke jalur itu jika arus lalu lintas di Panyalaian tidak bergerak.

“Karena kami telah survei Jalan Haji Miskin sempit sehingga susah jika kendaraan berpapasan. Jika tidak macet total kendaraan tetap lewat jalur utama Panyalaian,” terangnya.

Jalur lainnya yaitu selepas Pasar Koto Baru dapat berbelok kanan melewati Batu Palano menuju Sungai Pua, Kubang Putih, Lasi, Canduang dan keluar di Baso.

Dari Baso jika ke Bukittinggi berbelok ke kiri lalu ke Payakumbuh lanjut Pekanbaru belok ke kanan.

Sementara di titik-titik rawan macet seperti objek wisata air terjun, pemandian Mega Mendung, Sate Mak Sukur dan Pasar Koto Baru, pihaknya melakukan pengaturan parkir dengan memasang traffic cone dan memasang pembatas jalan. (hrc/red)