Semesta Riau Bupati Rohul dan Sekda Ramaikan HKN ke-54

Bupati Rohul dan Sekda Ramaikan HKN ke-54

BERBAGI
Bupati Sukiman, disaksikan Sekda dan Kadinskes, mencoba memeriksa darah di atas mobil ambiulance PSC 119 yang diluncurkan Dinkes, pada peringatan HKN ke 54 di halaman kantor Dinkes Rohul.
Bupati Sukiman, disaksikan Sekda dan Kadinskes, mencoba memeriksa darah di atas mobil ambiulance PSC 119 yang diluncurkan Dinkes, pada peringatan HKN ke 54 di halaman kantor Dinkes Rohul.

ROKAN HULU, Tribun Riau- Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Rohul, dihadiri Bupati Rokan Hulu (Rohul)‎ H. Sukiman, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, Dinkes Rohul luncurkan Ambulance Public Safety Center (PSC) 119.

Pada HKN ke-54 tahun 2018 dengan tema “Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita”, Kamis (13/12/2018), juga dihadiri perwakilan dari Dinkes Provinsi Riau, Ketua Tim Penggerak PKK Rohul Hj. Peni Herawati,‎ Kepala Dinkes Rohul dr. Bambang Triono.

Juga hadir para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Rohul, Direktur RSUD Rohul dr. Novil, Sekretaris DPRD Rohul Budhia Kasino, Kepala Puskesmas (Kapus), bidan desa, serta para petugas kesehatan se-Rohul.

Dinkes meluncurkan Ambulance PSC 119 yang merupakan ambulance berfasilitas lengkap seperti yang sudah ada di Kota Dumai dan Kota Pekanbaru, dalam membantu korban kecelakaan.

Di peluncuran Ambulance PSC 119 yang nantinya stand by di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Rohul, masyarakat yang membutuhkan bisa menghubungi nomor kontak 082169669696. Dikegiatan itu, ditandai simulasi penanganan korban kecelakaan yang dilakukan para petugas dengan cekatan. Bahkan Bupati juga menyempatkan lakukan cek lesehatan di Ambulance PSC 119.

Juga digelar simulasi‎, yang mendapat apresiasi dari Bupati dan Sekda Rohul. Ketua Tim PRC secara simbolis juga menerima kunci Ambulance PRC 119 dari Bupati Rohul.

Bupati bersama Sekda Rohul dan para pejabat yang hadir ikut, juga menandatangani Komitmen dan Dukungan Pelaksanaan SPGDT-PSC 119 Kabupaten Rohul tahun 2018, serta komitmen bersama dalam mendukung program Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) atau Open Depecation Free (DDF) tahun 2018.

Juga diberikan penghargaan kepada para pemenang lomba, seperti Dokter Teladan, penghargaan kepada Pegawai Kesehatan Teladan, penghargaan kepada Desa ODN, dan lainnya.

Kemudian, Bambang mengatakan rencana pengadaan Ambulance PRC 119 sudah lama. Armada ini akan dioperasionalkan di wilayah Pasir Pangaraian‎, dan stand by di Posko PMI Rohul.

Selanjutnya, melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Dinkes Rohul juga mengajak masyarakat melalui program Gerakan Minum Jamu untuk mengatasi penyakit tidak menular.

Diakui Kepala Dinkes Rohul Bambang Triono, dirinya sangat berterima ke Bupati Rohul yang telah ikut mensupport anggaran, dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan Tim PRC 119.

Diakui Bambang, melalui peringatan HKN tahun 2018 dengan tema “Ayo Hidup Sehat‎ Mulai Dari Kita”, tentunya Dinkes Rohul akan terus melakukan kegiatan-kegiatan dalam menciptakan masyarakat sehat, salah satunya menggiatkan kegiatan Germas.

Sebutnya lagi, bahwa ada beberapa poin penting yang akan dilaksanakan Dinkes Rohul,‎ salah satunya sosialisasikan Gerakan Minum Jamu ke masyarakat, salah satu upaya untuk mengatasi penyakit tidak menular.

“Selain dilengkapi fasilitas lengkap, ambulance PRC 119‎ yang diperuntukkan untuk penanganan darurat juga dilengkapi 4 petugas, yakni seorang dokter dan 3 petugas,” jelas Bambang.

Kemudian, mobil tersebut juga dilengkapi fasilitas, seperti tandu, monitor jantung, dan fasilitas lain yang diperlukan dalam penanganan darurat, terutama para korban kecelakaan.

“Mobil tersebut tujuannya untuk sebagai Tim Reaksi Cepat Dinas Kesehatan (Rohul) untuk membantu masyarakat,”‎ tegas Bambang, dan mengakui bahwa Ambulance PRC 119 beda dengan Ambulance yang ada di Puskesmas.

Bupati Rohul Sukiman kepada wartawan berharap, di peringatan HKN ke-54 dengan tema “Ayo Hidup Sehat‎ Mulai Dari Kita”, tentunya salah satu upaya menciptakan Kabupaten Rohul‎ sebagai salah satu daerah terbaik.

“Kita juga berharap ke masyarakat Rohul, untuk bisa menjaga kesehatan diawali dari kita sendiri, anak kita, keluarga kita dan lingkungan,” ajak Bupati.

“Karena kesehatan sangat berharga, tanpa ada arti bila orang sudah sakit dan dirinya akan teraniaya,” tambah Bupati lagi.

Bupati berharap ke jurnalis di Rohul, pada HKN ke-54 untuk memberikan pemahaman‎ kepada masyarakat luas, sehingga tumbuh kesadaran dalam menjaga kesehatan, dan mengkonsumsi empat sehat lima sempurna yang ada di lingkungan masyarakat, tanpa makanan kaleng atau makanan instans.

Bupati juga mengimbau masyarakat untuk menghubungi Ambulance PRC 119‎ bila diperlukan, terutama untuk para korban kecelakaan atau bencana alam.

Juga ditekankan ‎Bupati Sukiman ke para petugas Tim PRC 119, agar ikhlas dalam melayani masyarakat, karena apa yang dilakukan adalah menolong orang lainnya.

“Bila‎ dilakukan dengan ikhlas maka merupakan bagian dari ibadah,” ujarnya.

Bupati Rohul Sukiman juga mengaku, dirinya sangat mendukung sektor kesehatan,‎ salah satunya membangun gedung RSUD‎ Rohul, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ke masyarakat. (Adv/Humas Setda Rohul)