Ini Alasan HNW Sebut Sandi Sebagai Ulama

0
Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid
Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid

Tribun Riau- Mendapat sorotan atas pernyataannya bahwa Sandiaga Salahuddin Uno juga seorang ulama, Hidayat Nur Wahid (HNW) memiliki alasan yang menurutnya sangat tepat.

Dikatakannya melalui akun Twitter resmi miliknya, @hnurwahid, Kamis (20/9/2018), bahwa di dalam Al Quran disebutkan kata Ulama sebanyak dua kali tanpa mengaitkan bahwa Ulama tersebut harus paham dengan ilmu agama.

Lebih lanjut, kalimat Ulama yang tidak melulu dikaitkan dengan ilmu agama terdapat dalam surat Asy Syuara ayat 197 dan Fathir ayat 28.

“Ulama adalah terminologi alQuran, maka dalil saya ketika sebut Sandiaga Uno&kwalifikasi sbg Ulama, juga alQuran yg 2x sebut “Ulama”tanpa dikaitkn dg ilmu agama murni;QS Asy Syuara (bukan Asysyuro) ayat 197, dan terutama QS Fathir ayat 28, yg pentingkan sikap khasyyah kpd Allah,” tulis @hnurwahid.

Untuk diketahui, arti dari Surat Asy Syuara ayat 197 ialah:

“Dan apakah tidak cukup menjadi bukti bagi mereka, bahwa para ulama Bani Israil mengetahuinya?. QS Asy Syuara:197.”

Sedangkan untuk surat Fathir ayat 28 yaitu:

“Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. QS Fathir:28”. (red)