Semesta Riau Gubri Lepas Pawai Perayaan Zhong Qiu “Festival Lampion 2017”

Gubri Lepas Pawai Perayaan Zhong Qiu “Festival Lampion 2017”

5
BERBAGI

PEKANBARU, Tribunriau – Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman berserta isteri hadiri acara Pawai Perayaan Zhong Qiu (Kue Bulan) “Festival Lampion 2017”. Acara ini di awali dengan pawai yg dilepas oleh Gubri dan dilanjutkan dengan panggung hiburan di Kampung Tionghoa Pekanbaru, Jalan Karet Kota Pekanbaru, Sabtu (7/10).

Lebih dari 3000 masyarkat turut serta dalam Pawai Festival Zhong Qiu. Berbagai organisasi Tionghoa di Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru turut serta dalam kegiatan tersebut. Selain itu dimeriahkan pula oleh para murid dari berbagai lembaga pendidikan yang ada di Kota Pekanbaru.

Perhelatan ini merupakan acara budaya Tionghoa yang diadakan setiap tahunnya saat untuk memperingati perayaan pertengahan musim gugur. Digelar setiap tanggal 15 bulan 8 penanggalan Imlek.

Dalam pawai diarak lima lampion besar keliling Jalan Karet menuju Jalan Juanda lalu lanjut Jalan Ahmad Yani diteruskan ke Jalan M Yamin dan masuk ke Jalan Sudirman dan dilanjutkan ke Jalan Juanda dan berakhir di Jalan Karet.

Tak hanya warga tionghoa yang turut serta, acara ini diikuti pula berbagai paguyuban yang ada di Riau dan masyarakat umum.

Ketua Panitia Zhong Qiu, Widjadi Nauli mengatakan, Perayaan Pertengahan Musim Gugur ini merupakan salah satu perayaan penting dalam tradisi Tionghoa.

Kegiatan ini dilakukan dan dilestarikan warga Tionghoa di berbagai tempat. Selain pawai, acara ini turut pula disemarakkan dengan tradisi makan kue bulan, tari-tarian serta nyanyian.(Tn)