Semesta Riau Gara-gara Pembebasan Lahan, Proyek Rel Kereta Api Pekanbaru-Dumai Mandek

Gara-gara Pembebasan Lahan, Proyek Rel Kereta Api Pekanbaru-Dumai Mandek

11
BERBAGI

PEKANBARU, Tribunriau – Progres Proyek Strategis Nasional (PSN) Rel Kereta Api Trans Sumatera yang melintasi Pekanbaru-Dumai Provinsi Riau mandek karena pembebasan lahan. Demikian disampaikan Asisten II Setdaprov Riau, Masperi, di Pekanbaru, Jumat (27/10/2017), dilansir laman CAKAPLAH.COM

Masperi mengatakan, setelah dilakukan konsultasi publik, pada hakikatnya masyarakat sudah siap untuk dilakukan ganti rugi. “Nah, dalam proses ganti rugi ini tentu intansi yang membutuhkan lahan, dalam hal ini Dirjen Kereta Api, Kementerian Perhubungan, harus melakukan pembayaran apa yang sudah kita lakukan di tingkat lapak,” katanya.

Sebutnya lagi, sebelum diganti rugi terlebih dulu tim apresial menilai berapa besaran harga satuan dan berapa jumlah keseluruhan ganti rugi lahan. Setelah selesai dihitung, baru Kementerian Perubungan (Kemenhub) bisa melakukan pembayaran ganti rugi.

“Masalah anggaran untuk rel kereta api ini kewenangan Kemenhub, pemerintah daerah sifatnya hanya memfasilitasi agar pembebasan lahan rel kereta api ini bisa terwujud,” jelasnya.

Pihaknya menargetkan tahun ini pembebasan lahan selesai dan tahun 2018 pembangunan fisik bisa berjalan. “Untuk mekanisme pembangunan itu sepenuhnya ditangani Kemenhub, yang jelas saat ini bantalan rel kereta api sudah ada di Dumai,” tutupnya.(Tn/Ckp)