Semesta Riau Disdukcapil Dumai Kekurangan Blanko KTP Elektronik

Disdukcapil Dumai Kekurangan Blanko KTP Elektronik

BERBAGI


DUMAI, Tribunriau – Hingga saat ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai kekurangan blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El).

Dikatakan kepala Disdukcapil Kota Dumai, Suardi, bahwa pihaknya saat ini telah mengajukan permintaan blanko KTP El kepada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sebanyak 15 ribu keping.

Suardi juga mengatakan, pada bulan April 2017 yang lalu, pihaknya telah menerima sebanyak 10 ribu keping blanko KTP El dari Kemendagri dan 8 ribu sudah disalurkan.

“Dari 10 ribu blanko KTP El yang kita terima, sebanyak 8 ribu sudah disalurkan, dan bulan Juli ini kita mengajukan sebanyak 15 ribu blanko KTP ke Kemendagri,” kata Suardi, Selasa (11/7/2017).

Di tahun 2017 juga dikatakan Suardi, perekaman KTP El didominasi masyarakat pemula yang memiliki kesadaran untuk mengurus administrasi kependudukannya.

“Alhamdulillah, kesadaran masyarakat meningkat dan sangat antusias dalam mengurus administrasi kependudukannya, terutama buat masyarakat yang sudah cukup umur untuk memiliki KTP El,” katanya kembali.

Bagi masyarakat yang baru pertama kali melakukan perekaman KTP El harus menunggu dikarenakan terdapat proses data di pusat, dan dibekali Surat Keterangan (Suket) yang fungsinya sebagai pengganti KTP El.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, suket ini berlakunya sama dengan KTP El,” jelasnya.(net/tn)