Kategori Bea Cukai dan Kodim 0320/Dumai Amankan 790 Pack Ilegal

Bea Cukai dan Kodim 0320/Dumai Amankan 790 Pack Ilegal

BERBAGI
Kasdim 0320/Dumai dan Adhang Nugroho saat salam komando dalam rilis bersama.

DUMAI, Tribunriau- Tim gabungan yang terdiri dari KPP Bea Cukai dan Kodim 0320 Dumai berhasil mengamankan sekitar 790 pack rokok ilegal di Kawasan Simpang Latif, Kelurahan Basilam Baru, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Sabtu (16/12/2017).

“Pengungkapan ini adalah penindakan bersama. Sebagai bentuk sinergi Kodim Dumai dan KPP Bea Cukai Dumai,” terang Kepala KPP Bea Cukai Dumai, Adhang Nugroho dalam rilis bersama di KPP Bea Cukai Dumai, Selasa (19/12/2017).

Dijelaskannya, 790 pack rokok ilegal tersebut bernilai Rp. 1.7 Miliar. Dengan demikian, hal tersebut merugikan negara hingga 5,4 Miliar dengan rincian cukai Rp. 4,228 M dan Bea Masuk dan Pajak Impor Rp. 1,227 Miliar.

Ditambahkannya, rokok tanpa cukai tersebut diduga sudah berada di gudang pada bulan lalu, adapun jenis rokoknya adalah merk Luffman dan V Mild.

Hebatnya, agar tidak terendus oleh pihak berwajib, posisi penyimpanan rokok jauh dari akses jalan darat, tapi dekat dari Pelabuhan Sungai Teras.

Barang bukti kini sudah diamankan di gudang Pabean KPP Bea Cukai Dumai.

“Saat ini, penanganan dilakukan oleh Seksi Penindakan dan Penyidikan KPP Bea Cukai Dukai,” jelas Adhang.

Kasdim 0320/Dumai, Mayor (arh) Sudiyono mengatakan siap mendukung upaya pencegahan aktifitas ilegal dan berharap kerjasama yang seperti ini akan terus berlanjut.

“Jadi bakal terus ada sinergitas dalam penindakan bersama,” pungkasnya. (red)