Semesta Riau Anugerah KLA 2017, Harus Dipertahankan dan Ditingkatkan

Anugerah KLA 2017, Harus Dipertahankan dan Ditingkatkan

5
BERBAGI

DUMAI, Tribunriau – Kota Dumai memperoleh anugerah sebagai Kota Layak Anak (KLA) kategori madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A). Diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, di Pekanbaru, Sabtu (22/7/2017) malam.

Prestasi ini tentunya harus dipertahankan dan ditingkatkan, kata Walikota Dumai, Zulkfli AS usai menerima anugerah KLA 2017 tersebut.

“Kita berupaya untuk melaksanakan serta menjamin pemenuhan hak-hak melalui pengembangan Kota Layak Anak. Melalui sistem pembangunan berbasis hak anak agar tumbuh kembang menjadi dewasa terpenuhi dan ada partisipasi semua pihak. Serta menghormati dan menjami hak dan individu anak tanpa diskriminasi,” ujar Zulkifli AS sebagaimana dilansir GoRiau.com.

Bentuk keseriusan Pemerintah Kota (Pemko) Dumai, mewujudkan Kota Layak Anak dengan membentuk forum anak. Forum ini sebagai wadah partisipasi bagi anak berusia dibawah 18 tahun dengan keanggotaan perwakilan dari kelompok anak atau kelompok kegiatan.

“Kita juga sudah melaksanakan deklarasi kota layak anak dan pencanangan Kota Dumai sebagai Kelurahan ramah anak di 33 Kelurahan yang tersebar di 7 kecamatan. Kita juga terus berupaya menekan tindak kekerasan pada anak,” jelasnya.

Dari 126 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang mendapatkan penganugerahkan Kota Layak Anak di Provinsi Riau selain Dumai yaitu Kabupaten Bengkalis, Siak, Indragiri Hulu dan Kota Pekanbaru.

Disampaikan Menteri Yohana dalam sambutannya, keberhasilan Kabupaten/Kota tidak terlepas dari peran sentral pemerintah Provinsi.

“Peran Provinsi sangat besar atas keberhasilan Kabupaten/Kota bisa menerima anugerah ini. Hal ini untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan,” ucapnya. (GR/tn)