Nasional Anies Sandi Menang Pilgub, Lulung Potong 3 Sapi “USB”

Anies Sandi Menang Pilgub, Lulung Potong 3 Sapi “USB”

3
BERBAGI

JAKARTA, Tribunriau – Politikus PPP, Abraham Lunggana atau yang biasa disapa Haji Lulung, bersyukur atas kemenangan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilgub DKI. Hal itu ditunjukkan Lulung dengan memotong 3 ekor sapi bertuliskan ‘USB’.

Seperti dilihat wartawan di akun Twitter resminya @halus24, Sabtu (22/4/2017), Lulung mengunggah foto sapi yang bertuliskan ‘USB Bang Zuki’. Dalam unggahannya, Lulung menyertakan keterangan foto.

“Insya Alloh 3 ekor sapi saya yang akan potong langsung dan akan saya bagikan kepada yang berhak, semoga berkah untuk kita semua Aamiin yra,” ungkap Lulung dalam keterangan fotonya.

Lulung juga menyertakan sebuah video pemotongan sapi itu di Twitternya. “Untuk mengungkap rasa syukur atas kemenangan Anies Sandi, hari ini saya melakukan pemotongan sapi sebanyak 3 ekor, semoga berkah utk semua,” bunyi keterangan video dia.

Terakhir, Lulung menyempatkan diri membicarakan Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam unggahannya. Dia menyindir hasil Pilkada DKI. “Ahok kalah Lulung tak jadi potong kuping malah potong 3 ekor sapi,” katanya.

Kata-kata USB sempat menjadi sorotan saat Ahok berdebat dengan DPRD DKI terkait dana siluman Rp 12,1 triliun di RAPBD 2015. Lulung yang juga Wakil Ketua DPRD DKI saat itu berkali-kali salah menyebut singkatan Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan sebutan USB atau Universal Serial Bus.

Lulung rupanya hanya salah ucap karena kecapekan sehingga tertukar istilah UPS dan USB. “Kalau orang kecapean itu bisa salah ngomong,” kata Lulung dalam diskusi bertajuk ‘Deadlock Ahok’ yang digelar oleh Sindo Trijaya di Hotel DoubleTree by Hilton, Jl Pegangsaan Timur, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (7/3/2015). 

Entah ada hubungannya atau tidak dengan hal itu, usai insiden itu Ahok kemudian memunculkan kata USB menjadi nama anak sapi kelak. Kalimat itu diucapkan Ahok saat diberi kesempatan untuk menyuntikkan (inseminasi) sperma ke sapi betina. Dia pun kembali berkelakar akan menamakan anak sapi tersebut USB.

“Namanya USB dong. Unit Sapi Betawi,” ujar Ahok usai melihat-lihat kandang pembibitan sapi di PT KAR, Kecamatan Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/3/2015).

“Masa namanya Ling Ling,” kelakarnya.

Menurutnya, dalam pemberian nama tersebut tidak ada sedikitpun niat untuk rasis. “Saya kira itu politik aja (kalau ada yang menilai rasis),” ujar Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (30/3/2015).

“Jadi kemarin, kalau saya bilang Sapi Basuki kan sapi itu bukan atas nama pribadi,” sambungnya. (DTC)