DPRD Rohil setujui Ranperda APBD TA.2023

0

ROHIL, Tribunriau – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menyetujui rancangan peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran pendapatan dan belanja Daerah (APBD) kabupaten Rokan Hilir Tahun Anggaran 2023 .

Persetujuan tersebut dipituskan melalui Rapat paripurna DPRD dalam rangka penyampaian laporan pembahasan ranperda tentang APBD Kabupaten Rokan Hilir Tahun anggaran 2023 oleh Badan anggaran sekaligus pengambilan keputusan ,rabu malam (30/11/22) .

Rapat dipimpin oleh ketua DPRD Rohil Maston, Didampingi Wakil Ketua l Abdullah, Wakil Ketua ll DPRD Rohil Basiran Nur Efendi SE, M.IP, dan Wakil Ketua lll Hamzah, SH MH, Anggota DPRD Rohil, Sekretaris DPRD Rohil Sarman Syahroni ST, M.IP dan Kabag Persidangan DPRD Rohil Julianda, S.sos.

Sementara dari pemerintah daerah dihadiri oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH, Sekretaris daerah Rohil Drs H Fery Hendra Parya, Para Asisten, Kepala OPD serta Kabag.

Ketua DPRD Maston menyampaikan, berdasarkan pengumuman yang disampaikan oleh sekretaris DPRD dari 45 anggota DPRD yang menandatangani daftar hadir sejumlah 37 orang , yang terdiri dari seluruh unsur fraksi-fraksi, sesuai pasal 129 ayat 1 huruf d peraturan tata tertib DPRD kabupaten nomor 1 tahun 2019 forum sudah tercapai dan rapat sudah dapat dilaksanakan.

” Penyampaian laporan pembahasan Ranperda tentang APBD Kabupaten Rokan Hilir tahun anggaran 2023 oleh badan anggaran DPRD Kabupaten Rokan Hilir sekaligus pengambilan keputusan pembahasan atas Rancangan peraturan daerah Kabupaten Rokan Hilir tentang APBD Tahun Anggaran 2023 yang diajukan oleh pemerintah daerah, sesuai ketentuan pasal 18 peraturan DPRD Kabupaten Rokan Hilir nomor 1 tahun 2019 tentang tata tertib telah dilaksanakan oleh DPRD melalui badan anggaran dan komisi-komisi dengan pihak pemerintah daerah melalui tim anggaran pemerintah daerah untuk mendapatkan persetujuan bersama, “kata maston.

Adapun rencana anggaran tahun 2023 yang dibahas adalah sebagai berikut :
Pertama, pendapatan daerah sebesar Rp. 2.148.166 099.483, kedua, belanja daerah 2.214.000.150.000, depisit setelah penerimaan dan pengeluaran sebesar sebesar Rp. 65.983.900.517

Tambah maston, Tahapan pembicaraan pembahasan atas pemerintah daerah APBD Kabupaten Rokan Hilir ini sesuai pasal 10 peraturan DPRD Kabupaten Rokan Hilir nomor 1 tahun 2019 tentang tata tertib dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2022 tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah Tahun Anggaran 2023 telah memasuki pembicaraan tingkat dua dan merupakan tahap akhir pembahasan yang berisi rangkaian kegiatan antara lain :

pertama, penyampaian laporan yang berisi proses pembahasan pendapat fraksi dan hasil pembicaraan tingkat satu oleh badan anggaran dan komisi-komisi. kedua, permintaan persetujuan secara lisan dari pimpinan rapat kepada anggota dalam rapat paripurna. ketiga, pendapat akhir Bupati.

” penyampaian laporan hasil pembahasan oleh badan anggaran badan anggaran dan komisi-komisi DPRD telah melakukan pembahasan atas RAPBD Kabupaten Rokan Hilir tahun anggaran 2023, baik secara internal maupun bersama dengan tim anggaran pemerintah daerah dan OPD lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dari tanggal 29 November 2022 sampai dengan 30 November 2022 ,” Ujar maston.

Dalam sambutanya, Bupat Rokan Hilir Afrizal sintong.SIP Mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menyampai dan ucapan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD atas pelaksanaan sidang paripurna pada malam ini.

berbagai dinamika yang terjadi selama proses pembahasan telah kita lalui dengan semangat serta menjunjung nilai-nilai kebersamaan sehingga menetapkan anggaran pendapatan belanja daerah tahun 2023 dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

” saya sangat mengapresiasi kepedulian dan dukungan yang telah diberikan oleh anggota dewan yang terhormat serta pembahasan terutama dalam berjalanya target – target program dan kegiatan yang telah direncanakan,” kata Afrizal sintong.

selanjutnya, tambah Dia, ucapan terima kasih dan apresiasi saya sampaikan kepada tim anggaran pemerintah daerah dan seluruh perangkat daerah yang telah bekerja ekstra siang dan malam dalam melakukan pembahasan dengan rekan-rekan legislatif, mudah-mudahan apa yang sudah kita rencanakan dapat tercapai dengan baik tepat sasaran dan akuntabel

Harapan Kita semua melalui APBD Tahun Anggaran 2023 ini kiranya pelaksanaan program kegiatan dapat berjalan secara maksimal sehingga berdampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat serta daerah yang kita cintai ini.

” kami sangat menyadari bahwa peran peranan peranan pihak Legislatif dalam penyusunan APBD Kabupaten Rokan Hilir tahun anggaran 2023 melalui pokok-pokok pikiran yang menjadi masukan dan saran sehingga APBD Kabupaten Rokan Hilir tahun 2023 ini dapat disempurnakan dan dapat kita setujui bersama , “ujarnya.

” saya instruksikan kepada seluruh kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir selaku penggunaan anggaran, untuk segera mempersiapkan seluruh administrasi prosedur teknis dan langkah-langkah percepatan pelaksanaan program dan kegiatan, karena apa yang telah kita anggarkan menjadi kewajiban yang melekat pada masing-masing urusan yang akan mempertanggungjawabkan baik progres maupun dampaknya bagi pembangunan secara umum, “paparnya.

Untuk itu, Afrizal sintong mengajak Pimpinan dan anggota DPRD beserta seluruh komponen masyarakat Kabupaten untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan pembangunan yang kita laksanakan, kita Kawal kita evaluasi, demi mencapainya tujuan bernegara dan memberikan yang terbaik bagi daerah. (Hen)