Wako Dumai Berikan Sembako Kepada Masyarakat Terdampak Ledakan Kilang Pertamina

0
Wako Dumai Berikan Sembako Kepada Masyarakat Terdampak Ledakan Kilang Pertamina
Tribunriau.com – Walikota Dumai, H Paisal berikan paket sembako kepada masyarakat terdampak ledakan kilang Pertamina RU Dumai, Minggu (2/4).
Beberapa titik yang disambangi berada di Kelurahan Jaya Mukti dan Kelurahan Tanjung Palas.
Selain itu, H Paisal juga menerangkan kepada warga, bahwa saat ini situasi sudah aman, hal itu berdasarkan informasi yang didapat dari pihak KPI RU Dumai.
“Alhamdulilah semua sudah aman, lokasi yang meledak sudah aman dan sudah mendapatkan penanganan oleh ahlinya, jadi masyarakat tak perlu risau lagi,” ucapnya.
Dirinya juga mengungkapkan, warga yang sempat mengungsi juga sudah kembali ke rumahnya masing-masing.
“Kami lihat, kondisi warga tentunya masih ada yang takut dan trauma, untuk itu kami meminta ‎camat, lurah dan tokoh masyarakat terutama pihak KPI Dumai, agar memberikan edukasi dan penjelasan kepada masyarakat terkait situasi terkini,” tuturnya.
Ia juga telah meminta camat dan lurah untuk mendata warganya yang terdampak ledakan kilang RU Dumai, yang mana data ini harus dituntaskan agar masyarakat bisa mendapatkan hak atas dampak ledakan.
Sebagai informasi tambahan, dentuman keras‎ akibat ledakan di Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU II Dumai, pada Sabtu (1/4/2023) malam sekitar 22.50 Wib, mengakibatkan sejumlah rumah dan bangunan yang berada di sekitar Kilang mengalami kerusakan, seperti kaca rumah pecah, Plafon hancur hingga retak retak.
Berdasarkan pantaun di lapangan, tepatnya di RT 10 Kelurahaan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, beberapa rumah warga terlihat retak dan kaca rumah pecah, bahkan sejumlah rumah terlihat ditinggal oleh penghuninya atau mengungsi kerumah sanak saudara yang jauh dari kilang pertamina RU II Dumai.
Setelah pihak KPI RU II memastikan bahwa kondisi di Kilang Pertamina sudah aman, masyarakat yang semula mengungsi mulai berangsur kembali kerumahnya.
Hal tersebut dilakukan oleh salah seorang Warga Dumai atas nama Halimah. Lansia yang sempat mengungsi di rumah anaknya, kini telah kembali‎ menempati rumahnya di RT 10 Kelurahaan Tanjung Palas, Minggu (2/4/2023) sore.
Beralih pada tinjauan Wali Kota Dumai, dalam kesempatan tersebut, Paisal terlihat berbincang-bincang dengan masyarakat yang terdampak ledakan Kilang RU II Dumai, baik itu terkait kondisi hingga memberikan informasi bahwa PT KPI RU II Dumai, akan bertanggung jawab penuh terkait dampak yang ditimbulkan akibat ledakan. (infotorial/humas)