Kesehatan Polres Bengkalis Lakukan Pengawasan Percepatan Vaksinasi di Rupat

Polres Bengkalis Lakukan Pengawasan Percepatan Vaksinasi di Rupat

BERBAGI

Tribunriau- Dalam rangka mensukseskan Program Pemerintah untuk percepatan Vaksinasi di wilayahnya, Polres Bengkalis melakukan pengawasan langsung ke daerah-daerah dengan menurunkan Tim Pengawas dari ke Kecamatan Rupat.

Polres Bengkalis menurunkan Tim yang dipimpin oleh Kasubag Bin Ops Polres Bengkalis AKP Masrial, Sos bersama Ipda Yanto, dalam kegiatannya AKP Masrial, Sos didampingi Kapolsek Rupat AKP Syaidina Ali, SH melakukan kunjungan ke UPT. Puskesmas Batu Panjang guna mengetahui Program Puskesmas Batu Panjang dalam upaya percepatan Vaksinasi.

Menurut AKP Masrial, Sos, Polres Bengkalis menurunkan Tim pengawasan ke daerah-daerah agar pelaksanaan Vaksinasi bisa dilaksanakan secara maksimal, tentunya pimpinan mengharapkan agar Personil Polsek Rupat khususnya Bhabinkamtibmas dapat lebih aktif mengajak masyarakat untuk mau divaksin.

“Saat ini, penekanan dilakukan untuk percepatan Vaksinasi khususnya terhadap warga Lansia, Bhabinkamtibmas diharapkan berperan aktif mengajak warga bila perlu membawa warga lansia tersebut ke Puskesmas atau Gerai Vaksin terdekat yang ada diwilayahnya, selain itu, kita juga mengharapkan semua pihak ikut berperan aktif dalam mensukseskan Vaksinasi baik dari pihak Kecamatan dan Desa, hingga pihak Kesehatan yang merupakan Vaksinator,” ujar AKP Masrial.

Kapolsek Rupat AKP Syaidina Ali, SH menjelaskan, pihaknya telah berusaha melakukan berbagai upaya agar pelaksanaan Vaksinasi bisa dilakukan secara maksimal terhadap warga, beberapa upaya yang telah dilakukan diantaranya:

1. Melakukan kordinasi secara rutin terhadap Forkopimcam dan UPT. Puskesmas yang ada diwilayah Kec. Rupat terkait percepatan Vaksinasi.

2. Penekanan kepada Bhabinkamtibmas agar mendata masyarakat yang sudah Vaksin dan belum Vaksin.

3. Mengajak dan membawa warga Lansia untuk di Vaksin di Puskesmas atau di Gerai Vaksin terdekat.

4. Bekerjasama dengan pihak Puskesmas, melaksanakan Vaksinasi Door to Door (kerumah-rumah warga).

5. Melakukan pemeriksaan/Razia terhadap warga yang belum Vaksin dijalan dan pelabuhan penyeberangan.

Bahkan saat ini, Polres Bengkalis akan membuat Sayembara dengan berbagai hadiah salah satu diantaranya ibadah Umrah dan berbagai hadiah lainnya, yang diperioritaskan bagi warga Lansia yang mau divaksin.

Namun demikian, dalam pelaksanaan percepatan Vaksinasi terdapat kendala-kendala diantaranya, adanya warga yang sehat namun sengaja tidak mau divaksin, ada warga yang mau divaksin namun tidak bisa Vaksin karena adanya riwayat penyakit akut dan menahun yang dideritanya.

Selain itu juga adanya warga yang status kependudukannya masih warga Rupat namun tinggal di wilayah luar Rupat seperti di Kota Dumai, Bengkalis dan di berbagai daerah lainnya.

Namun demikian, Polri dalam hal ini Polsek Rupat, tidak lelah untuk terus menghimbau dan mengajak warga agar mau divaksin.*