Politik Pilkades Serentak 15 Juli, 483 Cakades Bakal Bertarung

Pilkades Serentak 15 Juli, 483 Cakades Bakal Bertarung

5
BERBAGI

BENGKALIS, Tribunriau- Pemerintah Kabupaten Bengkalis memastikan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) bakal digelar pada 15 Juli 2017 mendatang. Berbagai persiapan sudah dilakukan untuk menyukseskan pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Bengkalis, H. Ismail melalui Kepala Bidang Pemerintah Desa (Pemdes) Wahyuddin kepada sejumlah wartawan, Rabu, (19/4/2017) kemarin di ruang kerjanya.

Ia juga menjelaskan, berbagai tahapan sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Menurutnya, tahapan yang sudah diselesaikan adalah pendaftaran calon kepala desa oleh panitia.

“Dari jumlah 136 desa se-Kecamatan, Kabupaten Bengkalis ada 96 desa dipastikan akan melaksanakan pemilihan kepala desa pada pertengahan Juli 2017 mendatang,” kata Wahyuddin.

Pertarungan pesta demokrasi pemilihan kepala desa, Kabupaten Bengkalis memiliki calon kepala desa (Cakades) dengan jumlah fantastis. Dari 96 desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa, total 483 orang terdaftar sebagai calon kepala desa.

“Jumlah calon kepala desa sebanyak 483 orang,” ungkap Kepala Bidang Pemerintah Desa Wahyuddin kepada sejumlah wartawan, Rabu (19/4/2017).

“Data ini diperoleh berdasarkan tahapan seleksi administrasi para calon kepala desa dari 96 desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa secara serentak pada 15 Juli mendatang,” tambah Wahyuddin.

Berdasarkan Undang-undang nomor 6 tahun 2016 tentang Desa. Setiap desa hanya diperbolehkan memiliki 5 calon kepala desa dan minimal 2 calon kepala desa. “Jika setiap desa melebihi dari maksimal, maka nantinya akan diseleksi kembali secara administrasi, jenjang pendidikan dan kepatutan sebagai calon kepala desa. Bahkan pemilihan kepala desa akan kembali dilanjutkan pada Mei mendatang,” pungkasnya.(fri)