Politik Pilkada 6 Bulan Lagi, Pemkab Bengkalis Siap Menyukseskannya

Pilkada 6 Bulan Lagi, Pemkab Bengkalis Siap Menyukseskannya

BERBAGI

Bengkalis, Tribunriau – Penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak, yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat melalui Komisi Pemilihan Umum (KPU) yaitu 9 Desember 2020, berarti sekitar 6 bulan lagi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis sudah siap menyukseskan helat demokrasi lima tahunan itu.

Demikian disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis H.Bustami HY, melalui Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) H.Hermanto Baran usai mengikuti Sosialiasi Pilkada Serentak Tahun 2020 Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, Adil (Luber Jurdil) dan Aman dari Covid-19.

Sosialiasi yang diadakan oleh Kemendagri¬† secara jarak jauh atau virtual tersebut, dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis, Jum’at, 19 Juni 2020. Turut dihadiri Kepala Diskominfotik Johansyah Syafri dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Mohd Amru Herawza.

“Termasuk Bengkalis, 270 daerah di Indonesia tahun ini, siap melaksanakan Pilkada serentak,” sebutnya.

Lanjut Hermanto, oleh karena itu, sesuai arahan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) yang juga Pelaksana Tugas Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar, hendaknya tahapan Pilkada 9 Desember mendatang, harus segera disosialiasikan kepada masyarakat.

“Paling penting informasikan kepada masyarakat, proses pencoblosan pada 9 Desember mendatang akan menerapkan protokol kesehatan, guna mencegah penularan Covid-19,”tegasnya.

Sementara itu, Kapuspen Kemendagri Bahtiar pada sosialisasi itu, meminta pemerintah daerah benar-benar berperan dalam menyukseskan Pilkada serentak 2020.

“Dengan gencarnya sosialisasi dan komunikasi publik yang dilakukan, diharapkan mampu membangun persepsi optimisme pelaksanaan Pilkada yang Luber Jurdil, lancar dan aman dari Covid-19, serta meningkatkan partisipasi masyarakat,” terangnya.(jlr/disk).