Ekonomi Pertamina Siap Jual LPG 3 Kg Non Subsidi

Pertamina Siap Jual LPG 3 Kg Non Subsidi

64
BERBAGI

JAKARTA, Tribunriau –  PT Pertamina akan meluncurkan produk baru elpiji 3 kg dengan warna pink dengan tulisan di badan tabung Bright Gas 3 Kg Non Subsidi. Saat ini perusahaan sedang melakukan uji coba pasar di kawasan DKI Jakarta.

External Communication Manager Pertamina Arya Dwi Paramita bilang, Pertamina belum akan meluncurkan produk baru tersebut dalam waktu dekat. “Belum, masih trail,” ungkap Arya kepada KONTAN, Senin (27/11).

Dia mengatakan, biasanya nanti kalau trial sudah selesai baru bisa didapati resumenya. Sehingga belum bisa disimpulkan berapa harga yang akan dilempar ke pasar. “Kan baru uji coba, nanti aku update kalau sudah ada hasil uji cobanya,” imbuh dia.

Sebelumnya Pertamina juga sudah meluncurkan produk elpiji dengan nama Bright Gas 5,5 kg berwarna pink. Pembelian perdana tabung Bright Gas 5,5 Kg berikut isi di SPBU dan Indomaret sebesar Rp 326.000 per tabung.

Seperti diketahui, Pertamina selama ini menjual LPG 3 kg subsidi berwarna hijau, namun karena pengawasannya tidak ketat banyak penjualannya yang tidak tepat sasaran. Untuk tahun 2017 subsidi untuk LPG melon itu sebesar Rp 22 triliun dan karena tak tepat sasaran bisa bengkak Rp 40 triliun, sedangkan tahun 2018 sebesar Rp 20 triliun.

Agar penyaluran subsidi LPG 3 kg tepat sasaran maka pola subsidi akan diubah menjadi subsidi orang, bukan barang lagi. Nanti ada sekitar 26,6 juta rumah tangga akan menerima subsidi LPG dalam bentuk kartu yang kemudian hanya orang yang pegang kartu yang bisa membeli.(Kontan.co.id)