Semesta Riau Pelantikan Pengurus IDI Bengkalis Dihadiri Kadis Kesehatan

Pelantikan Pengurus IDI Bengkalis Dihadiri Kadis Kesehatan

59
BERBAGI
DURI, Tribun Riau – Hari ini dilaksanakan pelantikan pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Bengkalis periode 2018-2021, bertempat di Hotel Surya Duri, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis Sabtu (01/12/18) pagi.
Menurut Ketua Panitia dr.Akroma, Sp.B, acara itu ada 2 sesion, sesion 1 pelantikan pengurus dan sesion 2 seminar pertemuan ilmiah berkala (PIB) tahun 2018 dengan topik pembahasan peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan etika medis dokter di era JKN.
“Seminar ini nantinya akan kita programkan 6 bulan sekali, 9 bulan  sekali, atau 1 tahun sekali, untuk meningkatkan kualitas dokter-dokter yang ada di Bengkalis,” kata Akroma.
Sambutan dr.Fidel mantan Ketua IDI Bengkalis periode 2015-2018 mengatakan, bahwa selama ini pengurus sudah melakukan pendataan anggota dengan baik, melakukan lobi-lobi ke pemerintah, mengurus perbedaaan gaji dokter PTT di RSU dan puskesmas supaya disamakan dan lainnya.
“Harapan kami ke Kadis mengenai dokter swasta, supaya dibantu masalah perizinan, rekomendasi dan pembiayaan dari dinas kesehatan.Dimana Dinkes banyak program pengobatan, kami minta kedepan agar diupayakan anggaran untuk operasi mata katarak bagi masyarakat.Mudah-mudahan IDI berkembang lebih baik lagi, dan mohon maaf atas kekurangan kami selama periode lalu,” sebut Fidel.
Pelantikan yang dilakukan oleh Ketua IDI Riau dr.Zul Asdi, selaku Dewan Pembina salahsatunya dr Fidel, Ketua dr.Rinaldi, Sp.B, Humas dr Rangga Mudance (dan selengkapnya).
Hadir dalam acara itu, Kadis Kesehatan Supardi, S.Sos, M.H , mewakili Camat Mandau M.Faizal,S.Sos, Ketua IDI Riau dr.Zul Asdi, Sp.B.M.Kes beserta rombongan, dan segenap anggota yang hadir, serta perwakilan polsek Mandau.
Selaku Ketua IDI yang baru dilantik Rinaldi mengucapkan, terimakasih kepada pengurus lama, yang sudah melakukan tugasnya dengan baik,” tentang perizinan minta tolong kepada kadis, dan kepada pengurus serta anggota agar lebih aktif untuk memajukan IDI ini, seperti yang diharapkan ketua lama,” harap Rinaldi.
Rinaldi menjelaskan ketika dikonfirmasi wartawan ditempat terpisah, bahwa programnya kedepan selaku Ketua IDI yang baru, paling prioritas yaitu, merapikan data anggota yang sudah mencapai 400 orang di Kabupaten Bengkalis.
“Kan sudah ada yang keluar dan ada yang masuk, makanya perlu lagi dirapikan data anggota keseluruhan.Dan masalah program operasi mata katarak, nanti akan kami koordinasikan dengan pak Kadis, kapan rencananya akan dilaksanakan”, ujar Rinaldi.
Sementara Kadiskes Supardi mengatakan, kalau kehadirannya diacara itu mewakili Bupati Bengkalis yang berhalangan hadir.Pemkab Bengkalis sangat apresiasi kegiatan ini yang berjalan lancar, aman dan tertib,  bahwa keberadaan dokter (dr) di Bengkalis yaitu; dr.umum ada 69 orang, dr.gigi ASN 16 orang.Program kesehatan sudah dibangun dengan IDI selama ini ternasuk juga dengan ketua baru.
“Kami minta dengan pak Rinaldi agar lebih bersinergi lagi untuk membuat program ke masyarakat.Kemudian masalah rekomendasi, kalau memang sudah memenuhi persyaratan bisa langsung dikeluarkan oleh Dinkes, dan masalah biayanya tidak ada.Kemudian masalah perizinan UKL dan UPL, survei, ada 2 yaitu, ada langsung dari dinas, ada juga yang masuk melalui tim dulu baru ke dinas.UKL dan UPL dikeluarkan oleh dinas lingkungan hidup, yang juga melibatkan dinas kesehatan,” pungkas Supardi.(Jlr)