Pada Acara Silaturahmi Kapolres Ajak Wartawan Bekerja Secara Profesional

0

Bengkalis (Mandau), Tribunriau – Dalam rangka mempererat hubungan dengan wartawan, Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro mengadakan pertemuan dan makan bersama, di Cafe dan Resto Pondok/Tenda Biru Jl.Hangtuah Duri, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Senin siang (22/05/23).

Acara yang dimulai pada pukul 12.30 WIB itu, langsung disuguhkan makan bersama oleh Kapolres dan Kapolsek Mandau Kompol Hairul Hidayat beserta anggota kepada wartawan media online dan cetak yang bertugas sehari-harinya di Duri.Termasuk yang mengaku wartawan, tetapi masih diragukan melakukan tugas jurnalistiknya selama ini menurut UU Pokok Pers No.40 tahun 1999.

Selanjutnya Kapolres dalam kata sambutan sekaligus pemaparan kinerja Polri dalam menjalankan tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara profesional, berkolaborasi dengan wartawan dalam menyampaikan suatu produk berita yang berimbang, baik itu sumbernya dari kepolisian maupun dari masyarakat, dalam rangka mewujudkan keterbukaan informasi publik (KIP) dan menciptakan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

“Seringkali saya justru mendapat informasi yang penting dari rekan pers, karena jaringan insan pers begitu luas, karena ada sumber-sumber informasi dari masyarakat, yang mungkin tidak pernah tersentuh oleh personel kami,” ujar Kapolres.

Disebutkan Kapolres, bahwa jumlah personel Polres Bengkalis seharusnya minimal 1.100 personel, dengan melihat luas wilayah dan kerawanannya dan sebagainya, agar bisa berimbang dalam mengamankan masyarakat secara ideal.

“Tetapi personel kami hanya sekitar 540an, bagaimana bisa kami mengamankan masyarakat secara ideal.Akan banyak tuntutan masyarakat kepada kami dalam menciptakan kamtibmas, namun demikian kami coba optimalkan melaksanakan tugas dengan dibantu petugas dari forkopimda, instansi terkait dan masyarakat,” ungkap Kapolres.

“Kami butuh bantuan dari insan pers dalam menyampaikan informasi dari masyarakat yang tak tersentuh oleh kami,” harap Kapolres.

Kapolres meminta kepada insan pers agar melakukan tugasnya secara profesionalisme dalam menyampaikan suatu produk berita sesuai dengan kode etik jurnalistik.

“Kami juga bekerja sesuai tupoksi kami,” kata Kapolres.

“Kalau ada suara-suara sumbang, atau ada yang kurang pelayanan personel kami dilapangan, seperti Polsek, bisa dikonfirmasikan dengan kami,” ucap Kapolres.(jlr).