Ekonomi Nelayan: Pelayanan Dinas Perikanan dan Kelautan Batam Memuaskan

Nelayan: Pelayanan Dinas Perikanan dan Kelautan Batam Memuaskan

BERBAGI

BATAM, Tribunriau- Masyarakat Batam yang berprofesi sebagai nelayan merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan Dinas Perikanan dan Kelautan, khususnya dalam hal pengurusan rekom untuk mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Ketua Koperasi Usaha Bersama (KUB) Karya, Ujang menyatakan bahwa untuk mendapatkan rekom BBM sangat mudah, asalkan persyaratan yang diminta harus lengkap.

“Kami para nelayan serta anggota KUB merasa puas dengan pelayanan Dinas Perikanan dan Kelautan Batam, ditanya langsung apa yang dapat dibantu untuk kami, keluhan kamipun tak luput dari pertanyaan mereka,” ujar Ujang kepada Tribunriau.com baru-baru ini.

Dijelaskannya, bahwa mereka juga sudah terdaftar di Dinas Perikanan dan Kelautan, dengan cara mengisi formulir, melampirkan surat pendaftaran serta lainnya. “Jika persayaratan sudah lengkap, kami langsung mendapatkan rekom,” tambah Ujang.

Salah seorang staff di Dinas Perikanan dan Kelautan, Asriadi menyatakan sebanyak 175 dari 500 KUB sudah diberikan rekomendasi BBM, bagi yang belum mendapatkan rekom BBM tersebut dikarenakan persyaratan yang belum dilengkapi.

“175 dari 500 KUB sudah kita beri rekom, yang lainnya karena belum melengkapi persyaratan administrasi,” ujar Asriadi di ruang kerjanya.

Dijelaskan Asriadi, jumlah kuota yang diberikan juga disesuaikan dari jenis kapal nelayan, jarak, alat tangkap serta lama operasi. Maksimal kuota yang diberikan sebanyak 30 GT.

Selain itu, lanjut Asriadi, pihaknya juga mengadakan koordinasi serta penyuluhan ke KUB dan masyarakat Nelayan kota Batam. “Hasilnya, nelayan sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan dari pusat, bahkan dari BI sebagai nelayan yang dapat mengelola keuangan dari hasil tangkapan ikan. Dan juga mereka mudah mendapatkan BBM,” tukas Asriadi. (lian)