Lingkungan Lahan di Dumai Terbakar, Helikopter Super Puma dan Mi 1722 Dikerahkan Lakukan...

Lahan di Dumai Terbakar, Helikopter Super Puma dan Mi 1722 Dikerahkan Lakukan Water Bombing

3
BERBAGI

DUMAI, Tribunriau – Rabu (18/10) sekitar pukul 14.00 WIB, Lahan yang terletak di Kelurahan Bukit Nenas, Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai dekat dengan perbatasan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir, terbakar. Terlihat kepulan asap hitam membumbung tinggi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edward Sanger membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya pun telah mengerahkan dua helikopter Super Puma dan Mi 172, untuk melakukan water bombing.

“Usai menerima laporan dari BPBD Dumai adanya lahan yang terbakar di Dumai, kita langsung mengerahkan 2 helikopter lakukan water bombing. Besok pagi water bombing kita lanjutkan kembali,” ujar Edward.

Satuan Tugas (Satgas) Darat yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dan masyarakat melakukan upaya pemadaman di lokasi yang berjarak sekitar 5 kilometer dari jalan utama.

“Lokasi memang agak sulit dijangkau. Bahkan sumber air untuk mendapatkannya pun cukup kesulitan. Meskipun demikian, Satgas Darat saat ini masih mengupayakan pemadaman,” jelasnya.

Pihaknya belum mengetahui secara terperinci apa yang menjadi penyebab kebakaran lahan ini. “Kita terus melakukan upaya pemadaman melalui darat dan udara agar api tidak meluas. Kita berkomitmen Riau bebas asap, meskipun ada sejumlah lahan yang terbakar. Kalau lahan yang terbakar cepat ditanggulangi, kita optimis Riau bebas asap,” ungkap Edward Sanger.(GR/Tn)