Jokowi Belum Minta Kapolri Ajukan Calon Pengganti

2
BERBAGI
Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Ronny F Sompie (Antara/ Reno Esnir)

Dengan hampir habisnya masa jabatan Kapolri Sutarman, Hingga saat ini pihak Polri belum dimintai pendapat oleh Presiden terkait calon pengganti. Meskipun penentuan Kapolri tersebut merupakan hak preogatif Presiden.

“Kapolri belum diminta presiden mengajukan calon pengganti. Kapolri menyerahkan sepenuhnya kepada presiden,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Ronny F. Sompie, di Mabes Polri, Kamis (8/1/15).

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sendiri dalam situs resminya sudah menyiapkan nama-nama calon Kapolri untuk dipertimbangkan oleh presiden.

Kandidat-kandidat kuat tersebut adalah Komjen Pol Budi Gunawan, Komjen Pol Dwi Prijatno, Komjen Pol Putut Bayu Eko Seno dan Komjen Pol Suhardi Alius. Dalam situs tersebut, Kompolnas juga membuat kuesioner dan mengajak masyarakat untuk memberikan masukan untuk menentukan siapa calon Kapolri yang layak.

Secara terpisah, anggota Komisi III DPR Putu Sudiartana mengatakan calon Kapolri nanti harus mampu meningkatkan profesionalisme kepolisian, dan mempertahankan indenpendensi Polri.

“Dan yang lebih terpenting lagi pemilihan calon Kapolri jangan sampai ada kepentingan politik penguasa,” katanya. (vci/isk)