Kesehatan Hasil Evaluasi PPKM, Jumlah Kasus Covid-19 di Rupat Menurun

Hasil Evaluasi PPKM, Jumlah Kasus Covid-19 di Rupat Menurun

BERBAGI

RUPAT, Tribunriau- Hasil evaluasi di beberapa pos pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), kasus covid-19 di Kecamatan Rupat, Bengkalis mengalami penurunan secara signifikan.

Demikian disampaikan Camat Rupat melalui Kasi Trantib, Ali Safri, S.Ag kepada media ini, Selasa (30/11).

“Kalau PPKM ini kan sudah berjalan, sampai Desember masih terus berjalan, masuk bulan November sampai Desember kita masih berjalan maksimal walaupun sekarang boleh dikatakan untuk covid 19 sudah menurun, namun kita tetap waspada dan menyampaikan kepada masyarakat,” ujar Ali.

“Kemudian PPKM ini juga ada di tingkat kelurahan dan desa, di tingkat kecamatan setiap harinya tetap ada rutin dari pagi, instansi yang terlibat disini yaitu Dinas Kesehatan, Satpol PP, Polri, TNI dan BPD,” tambahnya.

Dijelaskan Ali, kegiatan dalam satu bulan terhitung 19 hari sesuai dengan ketentuan yang ada, pihaknya dalam kegiatan ini memberikan edukasi kepada masyarakat tentunya tidak terlepas dari pada protokol kesehatan, seperti memakai masker, dan meminta kepada masyarakat tetap menjaga walaupun dengan kondisi sekarang ini sudah membaik.

“Dengan edukasi yang diberikan, tentu untuk menyadarkan masyarakat supaya kita jangan lupa bahwa covid-19 ini juga masih ada, walaupun kita melihat di lingkungan kita ini mungkin tidak ada, tapi kita tetap patut mewaspadai varian baru yang sudah muncul, nah jangan nanti kembali lagi kejadian bulan 7 sangat tinggi, maka dari itu kita beri edukasi pada masyarakat agar memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak itu tetap,” jelasnya.

Untuk patroli tingkat kecamatan, lanjut Ali, areanya di jalan pelajar, kemudian di tempat-tempat usaha dan tempat pemerintahan atau kantor, seperti usaha di kafe atau di warung yang ada kerumunan, itu juga diimbau, di-edukasikan agar menggunakan masker.

“Harapan kita pada masyarakat tetap jaga prokes, artinya tetap gunakan masker, jadi kita berharap apapun kegiatan dan aktifitas jangan lupa memakai masker dan cuci tangan, walaupun mereka sudah divaksin, bukan berarti mereka bebas, tapi tetap memakai masker. Tetap menjaga yang namanya prokes,” harapnya.

Mengenai capaian target vaksinasi di Rupat, Kepala UPT Puskesmas Batu Panjang, dr Dahlia mengatakan pihaknya kini telah mencapai lebih kurang 35 persen atau setengah dari yang ditargetkan, yaitu 70 persen.

“Target vaksinasi dari kabupaten sekitar 70% sampai akhir Desember, capaian UPT Puskesmas Batu Panjang lebih kurang 35%, UPT Puskesmas Teluk Lecah sekitar 41%,” urai dr Dahlia.

“Dengan banyaknya masyarakat yang sudah divaksin, mudah-mudahan masyarakat yang lain akan terpancing atau mau melakukan vaksinasi,” harapnya menambahkan.

Rencananya, lanjut dr Dahlia, pihaknya akan melaksanakan vaksinasi kedepannya di kantor Camat bekerja sama dengan Kapolsek.

“Terkait pos PPKM, kalau tidak salah tanggal 24 mendatang tidak akan ada lagi, namun himbauan saya yang pasti tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, karena mungkin akan ada gelombang ketiga covid 19, jadi tetap waspada, intinya tetap patuhi prokes, kita tidak boleh lengah, dan kurangi mobilitas, inikan akhir tahun, akan ada banyak mobilitas keluar daerah, kalau bisa dikurangi dan di rumah saja,” pintanya.

Penulis: Johanes Mangunsong