Internasional Donal Trump Desak Negara Muslim Tolak Ekstrimisme dan Teroris

Donal Trump Desak Negara Muslim Tolak Ekstrimisme dan Teroris

5
BERBAGI


SAUDI ARABIA, Tribunriau – Presiden Amerika Donald Trump mendesak negara Muslim untuk menolak perlindungan bagi kelompok ekstrem. Dia juga menyerukan isolasi terhadap Iran yang dituduh menjadi penyebab konflik sektarian dan teror. 

“Dari Lebanon ke Irak, Yaman, Iran mendanai, memberikan senjata dan melatih teroris, militan dan kelompok ekstrem lainnya, membuat kekacauan di seluruh wilayah.” ujar Trump ketika berbicara di Saudi Arabia, dilansir AFP, Minggu (21/5/2017) malam. 

Dalam pidatonya tersebut, Trump mengajak seluruh negara untuk bersatu mengasingkan Iran hingga bersedia menjadi agen perdamaian. Trump mengingatkan warga Iran layak mendapatkan pemerintahan yang bersih dan adil.

“Sampai rezim Iran bersedia menjadi agen perdamaian, semua negara yang bernurani harus bekerja sama untuk mengasingkan Iran. Dan berdoa untuk masyarakat Iran agar memiliki pemerintahan yang adil sepatutnya yang mereka dapatkan,” kata Trump. 

Trump mengajak negara-negara Muslim memastikan tidak ada teroris yang mendapat perlindungan di negara mereka. Trump juga menawarkan perjanjian tertulis dengan Negara-negara Teluk melawan pendanaan untuk teroris.

“Negara Arab, Muslim dan Timur Tengah menjadi korban kebrutalan pembunuhan dan gelombang kekerasan fanatik,” tegas Trump.

Kunjungan Trump ke Arab Saudi itu merupakan kunjungan pertama dalam tur mancanegaranya. Di hadapan puluhan pemimpin muslim yang diundang ke Riyadh Trump mengaku membawa pesan persahabatan, harapan dan cinta. (dtc)