Tajuk Camat Mandau Tinjau Rumah Warga Kena Banjir

Camat Mandau Tinjau Rumah Warga Kena Banjir

BERBAGI

Bengkalis (Mandau), tribunriau – Turunnya hujan deras mengguyur wilayah Duri pada Selasa pagi dinihari (01/03/22) mulai pukul 01.00 WIB , mengakibatkan banyak rumah warga yang terkena banjir.

Seperti yang dialami oleh warga RT 01 dan RT 02 RW 06 Jalan Sriwijaya (Nusantara 1), Kelurahan Babusalam, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, dihebohkan dengan masuknya air ke dalam rumah, sehingga warga bergotong royong saling membantu meyelamatkan barang-barang dan  peralatan rumah tangga.

Hal itu disebabkan debit air masuk ke dalam rumah warga jauh lebih tinggi dari yang biasanya yaitu, sampai sepinggang orang dewasa.

Menurut keterangan beberapa warga, bahwa banjir kali ini sangat luar biasa dari yang sudah pernah terjadi, bahkan rumah yang tidak pernah kebanjiran selama puluhan tahun, hari ini ikut terendam banjir hingga melebihi batas mata kaki orang dewasa.

Dampak banjir tersebut dirasakan oleh beberapa warga yang memiliki usaha rumahan hingga pabrik yakni, kerugian mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Adapun usaha beberapa warga ini berupa ternak ikan laga, ikan gurame dan gudang garam.

Bukan hanya itu, dampak banjir ini juga hampir menghanyutkan anak salah satu warga RT. 01  RW. 06 yang berusia 5 th. Karena derasnya arus banjir, bocah berusia 5th ini sempat terbawa arus banjir yang tidak jauh dari rumahnya. Korban sempat terseret air hingga kurang lebih 7 meter. Berkat cepat tanggap dari warga korban berhasil diselamatkan, kemudian langsung dibawa kerumah sakit terdekat karena korban sempat menelan air saat terseret arus.

Mendapat informasi tersebut, Camat Mandau Riki Rihardi, Danramil Jemirianto, Lurah Babussalam Rio Sentosa dan Pengurus Karangtaruna Babussalam, langsung turun ke lokasi dan mendata warga yang terkena dampak banjir.

Kepada RT.01 & RT. 02 RW 6  dan warga, Camat berjanji akan membantu agar rumah warga tidak kena dampak banjir kedepannya.

“Mari kita sama-sama mencari solusinya agar terbebas dari banjir.Kami berharap semoga warga tetap sabar dan ikhlas dalam menghadapi ujian ini.Kami akan berusaha secepatnya untuk menyelesaikan masalah ini,” ujar Riki.

Dikesempatan itu juga Camat Mandau Riki Rihardi beserta Danramil, Lurah dan  Karangtaruna, mendatangi rumah-rumah warga yang terkena banjir sembari memberikan nasi bungkus.(jlr).