80 Unit Mesin Boat Diserahkan Bupati Rohil Kepada Kelompok Nelayan

0

ROHIL, Tribunriau – Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong didampingi kepala Diskanlut M. Amin dan Wakapolres Rohil Kompol Ricky Michael Mandey secara simbolis menyerahkan bantuan mesin boat sebanyak 80 unit kepada kelompok nelayan yang ada di Kecamatan Bangko dan Palika, Selasa (19/9/23) di pelabuhan ansui Bagansiapiapi.

Bantuan mesin Boat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang berkapasitas 30HP dengan speed 2200 RPM itu langsung diterima masing-masing perwakilan kelompok nelayan sebanyak delapan kelompok nelayan. Masing-masing kelompok nelayan sebanyak 10 orang.

Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan, bantuan sudah kita serahkan kepada kelompok Nelayan, tentunya kita berharap dengan adanya bantuan mesin ini dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan dan dapat meningkatkan ekonomi para nelayan yang ada di Kecamatan Bangko dan Pasir limau kapas .

Selain bantuan mesin, nelayan juga mendapatkan kipas dan gaer box dan as. Semoga ini bermanfaat membantu ekonomi nelayan ,” Ujar Afrizal sintong.

Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Kabupaten Rokan Hilir M. Amin yang turut mendampingi penyerahan tersebut menjelaskan, bahwa bantuan mesin Bout berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang jauh hari sudah diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

Jelas Dia, untuk tahun 2023 ada dua kecamatan yang dapat, jadi bantuan itu kita bagi dua untuk kecamatan Bangko 40 unit dan Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) 40 Unit.

Lebih lanjut Dikatakannya, sejauh ini banyak mesin kelompok nelayan yang sudah tidak layak pakai, Dengan adanya bantuan ini, mesin Nelayan akan kembali baru dan tidak ragu lagi untuk menangkap ikan dilaut.

” Mudah -mudahan dengan digantinya mesin Boat ini, dapat memaksimalkan kerja para nelayan untuk mencari ikan hingga ketengah lautan. Sehingga penghasilan nya pun dapat meningkat juga,” harap M. Amin. (Hen)