Kesehatan Bupati Kampar Buka Seminar Kesehatan

Bupati Kampar Buka Seminar Kesehatan

13
BERBAGI

 

Cokro Aminoto : “Hindari Penularan AID//HIV Jaga Pola Hidup dan Tingkatan keimanan.

Bangkinang Kota,(TRIBUNRIAU.COM)  Plt Bupati Kampar yang diwakili Kadis Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kampar Ir H Cokro Aminoto MM membuka Seminar Kesehatan dalam rangka Hari Jadi Ke-69 Kabupaten Kampar dengan tema Kampar Bebas HIV AIDs di Aula Kantor Bupati Kampar. Senin, 14/2

“Di Kabupaten Kampar sendiri angka penularan HIV/AIDs tahun 2018 sudah mencapai 10 orang, dan kasus ini dari tahun ke tahun terus meningkat. Untuk penanggulangan hal tersebut bukan hanya tugas Dinas Kesehatan saja, namun juga seluiruh komponen masyarakat harus turut serta membantu sesuai dengan peran dan tugas pokok masing-masing.”ujar Cokro saat membacakan pidato Plt Bupati Kampar

Dijelaskannnya, yang terpenting adalah penyebaran informasi tentang penanggulangan dan pencegahaan HIV/AIDs secara terus menerus agar prilaku masyarakat dapat berubah sehingga angka ini dapat ditekan dan diharapkan Kabupaten Kampar bebas akan HIV/AIDs.
Tentunya jaga Pergaulan dan pola hidup dan yang terpenting adalah terus tingkatkan keimanan kepada Allah SWT, apalagi kampar ini di kenal dengan negeri beradat, menjaga norma dan serambi Mekkah Riau” Kata Cokroaminoto lagi.
Cokro juga mengatakan HIV/AIDs adalah masalah darurat global di seluruh dunia, lebih dari 20 juta orang meninggal, sementara 40 juta orang telah terinfeksi. HIV/AIDs merupakan ancaman terbesar terhadap pembangunan sosial ekonomi, stabilitas dan keamanan pada Negara berkembang.

“Setiap hari virus HIV/AIDs telah menular sekitar 2.000 anak dibawah usia 15 Tahun, dan ini tentu berasal dari penularan ibu dan anak, serta menewaskan 1.400 anak dibawah 15 tahun dan menginfeksi lebih dari 6.000 orang usia muda produktif antara 15-24 tahun yang merupakan mayoritas orang-orang hidup dengan HIV/AIDs.”papar Cokro

Cokro mengharapkan dengan diadakan seminar kesehatan ini tenaga kesehatan/medis sebagai fasilitator dan tenaga penyuluh tetap memberikan kontribusinya agar dapat menekan kasus HIV/AIDs di Kabupaten Kampar.

“Bagi peserta seminar saya minta untuk fokus mengikuti kegiatan ini hingga selesai dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada nara sumber semoga ilmu pengetahuan yang diberikan nantinya dapat membawa Kampar lebih baik serta saya juga mengapresiasi panitia penyelenggara, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang kita harapkan bersama.”ucap Cokro.

Sebelumnya Ketua Panitia yang juga Sekretaris PMI Kabupaten Kampar Dr.Nurzammi M,Kes dalam laporannya mengatakan peserta yang mengikuti seminar ini berjumlah 600 orang terdiri dari 31 puskesmas masing-masing 10 s/d 15 orang, organisasi profesi 10 s/d 15 orang, PMR tingkat SLTA 150 orang. (haim)